Jokowi Datang ke Lokasi Bom Bunuh Diri Sibolga, Kucurkan Bantuan Rp 1,4 M untuk Warga Terdampak

Presiden menyusuri gang tanah selebar sekitar satu meter untuk dapat sampai ke lokasi ledakan yang tinggal puing-puing.

Jokowi Datang ke Lokasi Bom Bunuh Diri Sibolga, Kucurkan Bantuan Rp 1,4 M untuk Warga Terdampak
ANTARA FOTO/Desca Lidya Natalia/wpa/ama
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Walikota Sibolga M. Syarfi Hutauruk (kedua kiri) dan tokoh asal Sibolga Akbar Tanjung (kiri) meninjau lokasi bom Sibolga di Kelurahan Pancuran Bambu, Sibolga, Sumatera Utara, Minggu (17/3/2019). Selain meninjau lokasi bom, Presiden juga menyerahkan bantuan kepada para korban bom yang terdiri atas 171 KK dengan total bantuan berjumlah Rp1,451 miliar. ANTARA FOTO/Desca Lidya Natalia/wpa/ama 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Usai meresmikan pengembangan Pelabuhan Sibolga, Presiden Joko Widodo bergegas meninjau lokasi bom Sibolga yang berlokasi di Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara, Minggu (17/3/2019).

Tiba pukul 12.30 WIB, ia didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, tokoh masyarakat Sibolga yang juga Wakil Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar Akbar Tanjung dan Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk.

Presiden menyusuri gang tanah selebar sekitar satu meter untuk dapat sampai ke lokasi ledakan yang tinggal puing-puing.

Setelah meninjau lokasi bom, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mendatangi posko tanggap darurat ledakan bom.

Mantan Wali Kota Solo itu berbincang dengan seratusan warga yang rumahnya terdampak bom dan memberikan bantuan secara simbolis.

Presiden Joko Widodo memberikan bantuan sebesar Rp1,4 miliar bagi warga korban terdampak bom bunuh diri di Sibolga.

"Setelah saya kembali ke Jakarta, saya akan perintahkan juga Menteri Sosial untuk datang ke sini untuk memulai pembangunan rumahnya. Saya minta Danrem dan Dandim membantu biar pengerjaannya lebih cepat,” ujar Jokowi di posko tanggap darurat.

Ia menyebutkan bantuan tahap awal untuk membangun kembali 155 rumah warga yang rusak. Diharapkan, rumah warga segera dibangun sehingga bisa ditempati kembali.

Menurutnya, porsi bantuan pun berbeda bagi rumah yang rusak berat, sedang dan ringan.

“Tadi saya sudah berdiskusi dengan Wali Kota Sibolga, bahwa warga yang bangunan rumahnya rusak berat diberikan Rp 25 juta, rusak sedang Rp 5 juta dan rusak ringan Rp 3 juta,” sebutnya.

Halaman
123
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved