TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: Kedai Teh Susu Telur (TST) Terenak dan Terkenal di Kota Medan

Tak hanya dikenal di Kota Medan, namun TST juga dikenal di daerah lain seperti Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Kota Pekanbaru sekitarnya.

TRIBUNWIKI: Kedai Teh Susu Telur (TST) Terenak dan Terkenal di Kota Medan
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Kedai Teh Susu Telur (TST) Terenak dan Terkenal di Kota Medan. Kedai TST Pak Haji di Jalan Puri, Kelurahan Kota Matsum, Kecamatan Medan Area, Kota Medan. 

Kedai Teh Susu Telur (TST) Terenak dan Terkenal di Kota Medan

TRIBUN-MEDAN.com-Teh Susu Telur yang sering disebut TST, merupakan minuman terfavorit di kalangan masyarakat Medan. Biasanya minuman ini dinikmati dengan bersantai pada malam hari dan untuk teman ngobrol atau diskusi.

Tak hanya dikenal di Kota Medan, namun TST juga dikenal di daerah lain seperti Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Kota Pekanbaru sekitarnya.

Jika di daerah Sumbar dan Pekanbaru TST merupakan singkatan dari Teh Susu Talua (talua dengan pengertian telur) dengan menggunakan bahasa kebudayaan Minangkabau.

Konon sebagian orang menyatakan minuman TST berasal dari negeri yang terkenal dengan legenda Malinkudang yaitu Sumbar atau Minangkabau.

Di daerah tersebut juga terdapat banyak lapau-lapau (kedai-kedai dalam artian bahasa Minangkabau) yang menjual TST, dan minuman ini juga menjadi khas dan favorit di daerah tersebut.  

Namun, ada juga sebagian orang mengatakan TST ini berasal dari tanah Karo yang disebut minuman Teh Telur. Kabarnya, Teh Telur populer di Kota Medan dari kedai-kedai kopi, dan berjalannya waktu ini bergeser namanya menjadi TST.   

Akan tetapi dari hal tersebut, tulisan saat ini tidak terlalu jauh untuk membahas secara gamblang tentang sejarah awal mulanya TST.

Melainkan, TST menjadi minuman favorit, terkenal di masyarat Kota Medan, bisanya dijual di kedai-kedai dengan harga yang tidak menguras kantong yaitu relatif murah.

Kedai-kedai yang menjual TST di Kota Medan ada tiga tempat atau daerah, dan tempat ini sudah lama dikenal menjadi patronnya serta icon tempat menjual TST.

Halaman
1234
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved