Mobil Terjun ke Danau Toba, Tim SAR Gabungan Temukan Korban Tewas Tenggelam

Satu unit mobil Suzuki Escudo yang dikemudikan Bukti Siregar (72) terjun ke Danau Toba di jalan lingkar Danau Toba

Mobil Terjun ke Danau Toba, Tim SAR Gabungan Temukan Korban Tewas Tenggelam
ist
Mobil Escudo yang dikemudikan Bukti Siregar terjun ke Danau Toba, Selasa (19/3/2019 

TRIBUN-MEDAN.COM, HUMBAHAS - Satu unit mobil Suzuki Escudo yang dikemudikan Bukti Siregar (72) terjun ke Danau Toba di jalan lingkar Danau Toba, Senin (18/3/2019) petang lalu. 

Kepala Basarnas Danau Toba, Torang Hutahaean mengatakan peristiwa itu terjadi di Jalan Umum Dolok Sanggul-Muara KM 18, dan Jasad Bukti Siregar ditemukan tepatnya di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakkara, Selasa (19/3/2019) sekitar Pukul 13.00 WIB.

"Korban atas nama Bukti Siregar (72) membawa kendaraan mobil jenis Escudo pulang dari pesta di Bakkara dan sendirian tanpa penumpang. Korban hilang kendali saat mengelak longsoran batu di Desa Muara dan terjun ke Danau," ujar Torang.

Torang menjelaskan, dari informasi yang diperoleh pihak mereka, saat itu korban baru pulang dari pesta  di Kecamatan Bakkara, Kabupaten Humbahas menuju Kecamatan Muara, Kabupaten Taput.  Dia saat itu, sendirian tanpa penumpang. 

Namun, diduga korban hilang kendali saat mengelak longsoran batu di Desa Muara dan terjun ke danau.

"Jadi, itu berdasarkan keterangan masyarakat. Memang jalan itu lebar, namun mungkin karena korban menghindari longsoran batu, korban akhirnya terperosok ke jurang," jelas Torang.

Sebanyak 7 orang SAR Danau Toba dengan dua orang penyelam, polisi dan masyarakat melakukan SAR. Masyarakat bersma Basarnas mengevakuasi mayat korban sudah dievakuasi ke Puskesmas Baktiraja Humbahas. 

Saat itu, Bukti Siregar diketahui berkendara sendiri menyusuri jalan di tepi Danau Toba setelah menghadiri pesta di Bakkara, Kecamatan Bakti Raja.

"Berdasarkan keterangan masyarakat, memang jalan itu lebar, namun mungkin karena korban menghindari longsoran batu dari tebing, mobil korban akhirnya terjun ke jurang," jelas Torang.

Sebelumnya tim rescue pos SAR Danau Toba berangkat menuju lokasi kejadian di titik Koordinat LKP : 02°21’3.438″ N 98°54’58.56″ E. Lalu, korban berhasil ditemukan  di 19,5th NM garis lurus dari Pos SAR Danau Toba radial : 183°.

Selanjutnya Tim Sar berkordinasi dengan keluarga korban, untuk selanjutnya dibawa ke rumah duka di Huta Nagodang Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Bukti Siregar diketahui pensiunan TNI.

Kasubag Humas Polres Humbahas, Aiptu S Purba menyebut Bukti datang dari Bakkara hendak menuju Muara. Namun, tiba-tiba terjadi kecelakaan tunggal.

Korban sempat hilang selama satu malam sebelum akhirnya ditemukan pada Pukul 13 Siang, Selasa 19 Maret 2018. 

Sementara itu, mobil korban masih menunggu untuk diangkut dari Danau Toba.

(Jun/Tribun-Medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved