Peringati Pendirian Dompet Dhuafa Volunteer Melalui Edukasi Anak-anak Dampak Lingkungan

Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) mengajak publik untuk memberikan Kado untuk Bumi dalam bentuk pengurangan penggunaan plastik

Peringati Pendirian Dompet Dhuafa Volunteer Melalui Edukasi Anak-anak Dampak Lingkungan
Istimewa
Satu kegiatan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) menjalin kebersamaan dalam program Volunteer Super Camp beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dalam rangka memperingati hari berdirinya Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) mereka, mengajak publik untuk memberikan Kado untuk Bumi dalam bentuk pengurangan penggunaan plastik dalam keseharian berkegiatan secara individu maupun Komunitas.

"Dompet Dhuafa Volunteer sebagai komunitas relawan dalam gerakan kemanusiaan. Berinisiatif untuk mengajak masyarakat maupun komunitas di seluruh Indonesia untuk ikut memberikan hadiah untuk bumi," kata Ketua Panitia Akbar Nugraha kepada Tribun, Kamis (21/3/2019).

Kado untuk Bumi, dijelaskan oleh Staf Divisi Kebencanaan DDV ini akan dilaksanakan pada Jumat (22/3/2019) dan Minggu (24/3/2019).

"Ini adalah program pusat yang dikembalikan ke daerah. Ada 50 persen kegiatan yang didesain pusat dan 50 persen lagi tergantung daerahnya," lanjutnya.

DDV Sumatera Utara (Sumut) nantinya di Hari Jumat akan menyambangi satu Sekolah Dasar (SD) di daerah Medan Denai. Mereka akan memberi, mengedukasi dan mengajarkan anak-anak dampak lingkungan.

"Tagetnya memang sekolah yang marjinal dan minim fasilitas. Karena kalau ambil SD yang mampu, mereka rata-rata sudah memakai tumblr (tempat minum). Kita di sana mau membagikan itu (tumblr) juga," lanjutnya.

Pengajaran lingkungan yang diajarkan nantinya berupa konservasi, pengolahan sampah ekobrik dan hemat energi.

"Kita tidak membawakannya sendiri. Kita bekerja sama dengan komunitas yang ahli di bidang itu. Masing-masing dari mereka yang akan mengajarkan anak-anak di sana," katanya.

Ditargetkan sebanyak 100 buah tumblr akan mereka bagikan. Sementara itu, pada Hari Minggu di Lapangan Merdeka, Kota Medan, para relawan ini akan menggelar orasi lingkungan, bersih-bersih dan petisi.

Mereka sendiri ingin melihat repson masyarakat dari petisi yang akan dilakukan. Masyarakat harapannya menjadi sadar bahwa apa yang kita lakukan selama ini banyak yang tidak diharapkan oleh bumi itu sendiri.

"Kita maunya sederhana. Bagaimana kita menjelaskan kepada masyarakat terurama anak-anak bahwa dampak dari sampah sangat panjang dan sangat berbahaya bagi manusia. Poinnya adalah bagaimana mengajarkan mereka untuk lebih mencintai lingkungannya. Ada feedback kita untuk bumi dan bumi untuk kita," terangnya.

Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) dalah wadah bagi orang-orang yang tergerak dalam misi kemanusiaan dan membantu kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat secara sukarela. 

Tujuannya mereka menciptakan komunitas relawan berbasis dukungan masyarakat untuk gerakan kemanusiaan dan kampanye zakat melaui program-program yang dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa.

(cr17/tribun-medan.com)

Penulis: Nanda Rizka Nasution
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved