Dokter Kazuhiro Horikawa Berikan Tips Cara Mudah Terhindar dari Diabetes

Ia menuturkan, jika tidak sanggup melakukan olahraga berat, maka olahraga ringan seperti berjalan juga bisa dilakukan dan juga bersepeda.

Dokter Kazuhiro Horikawa Berikan Tips Cara Mudah Terhindar dari Diabetes
Tribun Medan/Ayu Prasandi
Dokter Kazuhiro Horikawa Berikan Tips Cara Mudah Terhindar dari Diabetes. Dokter Kazuhiro Horikawa, saat Seminar Gaya Hidup dan Gangguan Kesehatan di Adimulia Medan. 

Dokter Kazuhiro Horikawa Berikan Tips Cara Mudah Terhindar dari Diabetes

TRIBUN-MEDAN.com- Diabetes saat ini menjadi penyakit yang cukup meresahkan masyarakat. Oleh karena itu, ada baiknya melakukan pencegahan sejak dini agar tidak terkena penyakit Diabetes tersebut.

Dokter Kazuhiro Horikawa, saat Seminar Gaya Hidup dan Gangguan Kesehatan di Adimulia Medan, mengatakan, salah satu akibat dari Diabetes adalah bisa terjadi kebutaan.

“Jika tidak ingin mengalami kebutaan, maka salah satu cara bisa dengan mengurangi konsumsi makanan yang manis, kemudian setidaknya dalam sehari ada 40 menit berolahraga,” ujarnya.

Ia menuturkan, jika tidak sanggup melakukan olahraga berat, maka olahraga ringan seperti berjalan juga bisa dilakukan dan juga bersepeda.

“Kemudian selain olahraga, juga saya anjurkan untuk istirahat cukup. Jangan sampai tengah malam masih membuka sosial media. Apalagi orang Indonesia sangat suka yang manis-manis. Itu yang cepat menaikan gula darah," tuturnya.

Serayu Kopi Hadirkan Mahameru Band dan Reza Kahar di Event Love Music Dukung Karya Musisi Lokal

Detik-detik Pengusaha Boen Siong Dihabisi Oknum Polisi Berpangkat Brigadir via Pembunuh Bayaran

Cukur Rambut Bergaya Barat, Tukang Cukur di Negara Ini Didenda Rp 6,6 Juta

Hotman Paris Blak-blakan Rindu Mantan Pacar Artis tatkala Berbincang dengan Kiki Fatmala dan Diah

Ia menjelaskan, penyakit Diabetes disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin atau Insulin resistance. 

"Bisa juga agar saat makan terutama saat makan makanan yang manis, kalau bisa kunyahnya lama. Jangan ditelan langsung agar pankreas masih punya waktu menghasilkan insulin," jelasnya.

Viral, Ribuan Ikan Bergerak Menuju Daratan di Minahasa Selatan, Warga: Panen Kita, Panen

Wisatawan Ogah ke Haranggaol karena Bau, Kadis Pariwisata Simalungun Sebut karena Minim Spot Menarik

Hasil Survei Litbang Kompas, Peran Sandiaga Cenderung Lebih Tinggi Dibandingkan Ma’ruf

Ia menerangkan, terkadang ada juga penyakit diabetes yang menyerang pembuluh darah besar dan bisa menyebabkan pengapuran pembuluh darah. 

“Biasanya di pembuluh darah besar bisa menyerang ke kepala atau jantung. Ini juga cukup berbahaya. Intinya bagaimana kalau sudah terkena Diabetes, harus mengubah perilakunya dengan yang disebutkan tadi,” terangnya.

Depresi pada Usia 20-an Tahun Picu Penurunan Ingatan Ketika Usia 50-an

2 Tahun Diselingkuhi Oknum Polisi, Suami Dianggap Penghalang Dibunuh, Rencana Sadis Istri & Kekasih

Bacaan Niat dan Berbuka Puasa Ayyamul Bidh Bulan Rajab ke-14, Puasa Sunah Tiga Hari Berturut

Ia mengungkapkan, tak hanya di Indonesia, ternyata penyakit Diabetes juga banyak terjadi di Jepang dan menjadi salah satu penyebab kebutaan. Sekitar 21 persen orang di Jepang mengalami kebutaan akibta dari Diabetes tersebut.

“Yang paling utama dari penyakit Diabetes yang menyebabkan orang mengalami kebutaan di Jepang adalah penyakit glukoma,” ungkapnya.

(pra/tribun-medan. com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved