Rumah Zakat Bangun Klinik untuk Umat di Medan

Rumah Zakat Perwakilan Sumatera Utara, lewat program kesehatan membuka layanan Klinik Pratama Rumah Zakat Al Ummah.

Rumah Zakat Bangun Klinik untuk Umat di Medan
TRIBUN MEDAN/NANDA RIZKA NASUTION
Kepala Bagian Agama Pemerintah Kota Medan Adlan menggunting pita yang menandai resmi berdirinya Klinik Pratama Rumah Zakat Al Ummah. Ia ditemani oleh Kepala Perwakilan Rumah Zakat Sumatera Utara M Yunus Aziz, Pengurus Yayasan Mesjid Raya Pusat Pasar H Bey As Chalid dan Direktur Kesehatan Rumah Zakat Arif Taat Pujianto. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Memiliki bebagai program dari pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan, kemanusiaan Internasional dan kebencanaan. 

Rumah Zakat Perwakilan Sumatera Utara, lewat program kesehatan membuka layanan Klinik Pratama Rumah Zakat Al Ummah. Kepala Perwakilan Rumah Zakat Sumatera Utara M Yunus Aziz, mengatakan ini adalah klinik kedua yang ini bekerja sama dengan Yayasan Mesjid Raya Pusat Pasar. 

"Alhamdulillah banyak program yang sudah kita sinergikan dengan berbagai pihak. Klinik ini adalah satu desa berdaya di Medan Area. Kita berterima kasih kepada Yayasan Mesjid Raya Pusat Pasar yang telah memberikan tempat. Tidak semua kantor Rumah Zakat memiliki klinik," katanya dalam Peresmian Klinik Pratama Rumah Zakat Al Ummah Medan di Jalan Utama No 221 simpang Jalan Ismailiyah Kelurahan Kota Matsum II Kecamatan Medan Area, Sabtu (23/3/2019). 

Sebelumnya, Rumah Zakat sudah membuka layanan Klinik Pratama RBG Rumah Zakat yang beroperasi sejak 2008 di Jalan Setia Budi No 46 Pasar 2 Tanjung Sari.

"Rumah Zakat re-branding. Tahun ini bekerja sama dengan Yayasan Mesjid Raya Pusat Pasar bersinegi untuk membagun klinik. Ini dulunya adalah Rumah Sakit Al Ummah berubah manajemen dan menggandeng Rumah Zakat. Alhamdulillah diberi amanah untuk mejalankan program kesehatan," katanya. 

Dihadiri lebih kurang 250 orang, acara Peresmian Klinik Pratama Rumah Zakat Al Ummah disi dengan berbagai kegiatan diantaranya bakti sosial seperti penyuluhan kesehatan, pemeriksaan umum, cek metabolik, cek golongan darah, USG, konsultasi ASI dan donor darah. 

"Kita ada dua skema di layanan klinik.  Member dan non member. Member itu untuk masyarakat yang kurang mampu. Artinya mereka berobat gratis, tidak dipungut biaya" jelasnya.
Sementara non member akan dikenakan biaya tetapi tidak sebesar biasanya. Dan di sini juga melayani BPJS. Bagi masyarakat yang ingin mengurus member, bisa lansung datang ke klinik dan melakukan pendaftaran. 

"Sebagai member, juga harus mengikuti pembinaan keseharaj dari kami secara rutin. Jika tidak, keanggotaan bisa diputus. Lahirnya klinik ini kita harapkan membuat member bangga dengan layanan kesehatan yang baik," tuturnya.

Dihadiri oleh Kepala Bagian Agama Pemerintah Kota Medan Adlan SPdMM, Pengurus Yayasan Mesjid Raya Pusat Pasar H Bey As Chalid, Direktur Kesehatan Rumah Zakat Arif Taat Pujianto, Wakil Ketua MUI Kota Medan Dr H Hasan Matsum MAg, Kepala Klinik Pratama Rumah Zakat Al Ummah Yulia Sari, Rumah Zakat juga mempernalkan dua ambulans. 

"Kita juga ada layanan ambulans gratis. Dalam kota kita berikan free, dan untuk luar kota Rp 5000 per km. Yang gratis tentu fokus untuk duafa, yang mampu silakan berinfak," terang Yunus.
Klinik berlantai 4 ini, melayani beberapa layanan diantaranya layanan kesehatan umum berupa konsultasi kesehatan, cek metabolik dan khitan. Layanan kebidanan seperti KB, imunisasi, konsultasi laktasi dan lainnya. 

Masyarakat bisa datang dengan jawal layanan Hari Senin - Kamis pukul 08.00 WIB hinga 21.00 WIB. Hari Jumat dan Sabtu pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. Sedangkan Hari Minggu dan Hari Libur Nasional tidak ada pelayanan.

"Harapannya, kita bisa bermafaat sebanyak-banyaknya untuk bisa melayani seluas-luasnya masyatakat di Kota Medan ini. Layanan ini dari umat untuk umat karena masyarakat perlu dilayani dengan baik," tutupnya.

(cr17/tribun-medan. com)

Penulis: Nanda Rizka Nasution
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved