FAJI Medan Gelar Festival Sungai Deli, Kampanyekan Pelestarian Kebersihan Sungai Deli

Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Medan menggelar event bertajuk Festival Sungai Deli: Rally Race Rafting Open Championship

FAJI Medan Gelar Festival Sungai Deli, Kampanyekan Pelestarian Kebersihan Sungai Deli
Tribun Medan/Chandra Simarmata
Sejumlah tim arung jeram saat menyusuri sungai Deli sambil melakukan aksi bersih sungai. Tribun Medan/Chandra 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Medan menggelar event bertajuk Festival Sungai Deli: Rally Race Rafting Open Championship 2019 di bantaran kanal sungai Deli Jalan Karya Bersama, Medan, Johor, dari tanggal 26-28 Maret 2019.

Ketua FAJI Medan Wahyudinata Simangunsong mengatakan untuk hari kedua ini Rabu (27/3/2019), akan diisi diantaranya lomba arung jeram yang akan diikuti 18 tim dari berbagai instansi seperti polri, TNI, BPBD dan mapala serta klub arung jeram.

Event yang juga mengusung tema lingkungan hidup tersebut rencananya akan digelar hingga 28 Maret mendatang dan diakhiri dengan pelaksanaan pertandingan porwil Medan V wilayah II Cabor arung jeram.

Wahyudinata Simangunsong juga mengatakan, kegiatan festival sungai Deli hari pertama diisi dengan penanaman pohon, penaburan bibit ikan, serta dialog publik penyelamatan sungai Deli.

Selain itu, Beberapa tim arung jeram yang terdiri Sejumlah atlet, tim FAJI Medan, komunitas pecinta anak dan sungai Deli (kopasude), laskar bocah sungai Deli (Labosude), tim PLN Unit Induk Pembangunan Pembangkit Sumatera serta UIK SBU, dan tim Sabhara Polda Sumut, dan masyarakat sekitar ikut ambil bagian dalam aksi bersih sambil menyusuri sungai Deli.

Sedangkan pada hari kedua akan dilaksanakan beberapa perlombaan diantaranya lomba rakit hias dan rally race rafting championship (R4), yang perebutkan piala bergilir PT PLN Persero, Polda Sumut dan Pangdam I/BB.

"Untuk kegiatan hari pertama, Alhamdulillah sukses, di luar dugaan juga respon undangan kita juga bisa dikatakan maksimal," ujarnya kepada Tribun Medan.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Nata ini juga mengapresiasi antusiasme warga di sepanjang bantaran sungai Deli khususnya masyarakat kampung Aur dalam mendukung kegiatan dan pelestarian kebersihan sungai Deli.

Hal ini menunjukkan komunikasi dan sosialisasi yang dibangun pihaknya kepada warga sekitar sungai Deli dalam mengkampanyekan pelestarian sungai ini berjalan baik.

"Beberapa mitra kita di komunitas air dan sungai Deli juga sangat antusias dan bersemangat sangat tinggi. Sangat khusus sekali buat warga bantaran sungai dari atas tadi kita, Kanal, Sukaraja, sungai mati, sanksi ini kampung Aur kan respon positif," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved