Edisi Cetak Tribun Medan

Anak Eldin Lulus di Fakultas Kedokteran, USU Peringkat 3 Terbanyak Merima Mahasiswa Jalur SNMPTN

Peringkat pertama adalah Universitas Brawijaya dengan 3.957 siswa. Kemudian Universitas Negeri Padang sebanyak 2.591 siswa.

Anak Eldin Lulus di Fakultas Kedokteran, USU Peringkat 3 Terbanyak Merima Mahasiswa Jalur SNMPTN
int
Pusat Administrasi Universitas Sumatera Utara. 

MEDAN, TRIBUN - Universitas Sumatera Utara (USU) berada pada peringkat ketiga perguruan tinggi negeri (PTN) penerima mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019. Jumlahnya 2.508 siswa.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kementeristek Dikti) mengumumkan hasil seleksi jalur SNMPT, Jumat, 22 Maret 2019.

Peringkat pertama adalah Universitas Brawijaya dengan 3.957 siswa. Kemudian Universitas Negeri Padang sebanyak 2.591 siswa.

Dari beberapa sekolah negeri favorit di Kota Medan, seperti SMA Negeri 1 meloloskan 71 siswa ke perguruan tinggi negeri, 40 siswa di antaranya ke USU.

Anak Wali Kota Medan Dzulmi Eldin bernama Rania Kamila merupakan satu di antaranya. Siswi kelas XII O2SN SMAN 1 Medan tersebut lulus di Fakultas Kedokteran USU.

Kepala Sekolah SMAN 1 Medan Suhari mengucapkan, terima kasih atas diterimanya anak didik mereka di berbagai jurusan perguruan tinggi negeri.

"Termasuk Fakultas Kedokteran USU, walaupun sebenarnya kami berharap lebih dari jumlah itu melalui jalur undangan ini. Ke depan, kami berharap melalui jalur SBMPTN akan diterima lebih banyak lagi," kata Suhairi melalui Wakasek Humas SMAN 1 Medan, Sormin di ruang kerjanya, Rabu (27/3).

Sormin menambahkan, para siswa SMAN 1 Medan memiliki ciri khas yang hanya ingin melanjutkan pendidikan ke USU untuk PTN lokal. Sedangkan, peminat ke Univeritas Negeri Medan (Unimed) sangat sedikit.

"Siswa dikasih pilihan perguruan tinggi di Sumut hanya mau ke USU. Peminat ke Unimed rendah sekali. Buktinya yang diterima satu orang saja dari dua siswa. Jatah dari pemerintah kan 20 persen, seharusnya ada sekitar 100 siswa," ujarnya.

Selain lulus jalur SNMPTN ke USU, SMAN 1 Medan juga meluluskan 10 siswa ke luar Sumatera, yakni Institus Teknologi Bandung (ITB). Menurutnya, hal ini merupakan sebuah prestasi karena capaian sekolah melampaui target.

Halaman
1234
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved