Ribuan Pelajar SD hingga SMA Hadiri Pembukaan MTQ XLIV Kabupaten Dairi

Acara diawali dengan pelepasan barisan peserta MTQ dari depan Kantor Bupati Dairi menuju Masjid Raya Sidikalang

Ribuan Pelajar SD hingga SMA Hadiri Pembukaan MTQ XLIV Kabupaten Dairi
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Kadis Perindag memukul gong saat membuka MTQ ke-XLIV tingkat Kabupaten Dairi tahun 2019 di Masjid Raya Sidikalang, Desa Bintang Mersada, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Kamis (28/3/2019) 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Dairi, Rahmatsyah Munthe membuka secara resmi perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Dairi ke-XLIV, Kamis (28/3/2019).

Acara diawali dengan pelepasan barisan peserta MTQ dari depan Kantor Bupati Dairi menuju Masjid Raya Sidikalang, kemudian dilanjutkan dengan pemukulan gong sebagai tanda dibukanya perlombaan melantunkan ayat suci Alquran ini

Amatan Tribun Medan, ribuan pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK dari sejumlah sekolah, serta para kontingen dari 15 kecamatan di Kabupaten Dairi, menghadiri acara ini.

Sementara, Bupati dan Wakil Bupati Dairi, KRA Johnny Sitohang Adinegoro dan Irwansyah Pasi, serta Sekda Sebastianus Tinambunan, tak hadir.

"Seyogianya, Bupati berencana membuka MTQ ini. Namun, berhubung saat ini adalah masa akhir jabatan, Bupati/Wabup serta Sekda saat ini sedang berada di kantor BPKP Sumut di Medan," ujar Rahmatsyah dalam pidatonya saat acara.

Ia mengatakan, MTQ merupakan salah satu event yang berhasil di Dairi, sebab pelaksanaan MTQ terjadi berkat kebersamaan dan saling mendukung antar sesama umat beragama yang ada di Kabupaten Dairi.

Rahmatsyah berharap, pelaksanaan MTQ tahun ini dapat menghasilkan qori dan qoriah yang handal dan semakin memaknai isi yang terkandung dalam ayat-suci suci Alquran.

Sebelumnya, Azan Sagala selaku ketua panitia mengatakan, MTQ tingkat Kabupaten Dairi ke-XLIV akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 28 Maret hingga 30 Maret 2019.

Pelaksanaan MTQ ini sekaligus sebagai seleksi tingkat kabupaten. Para pemenang nantinya akan mewakili Kabupaten Dairi dalam MTQ tingkat provinsi yang akan digelar pada April 2019 mendatang di Tebing Tinggi.

Selanjutnya, Kakan Kemenag Sidikalang Saidup Kudadiri menyampaikan ucapan apresiasi kepada Pemkab Dairi, karena terus mendukung pelaksanaan MTQ setiap tahunnya.

Saidup mengajak semua peserta yang hadir agar menjadikan pelaksanaan MTQ sebagai ibadah, bukan hanya seremoni semata.

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved