Nasi Padang Sehat untuk Disantap, Ahli Gizi Sebut Lalap Daun Singkong Jadi Kuncinya

Nasi padang kerap dirasa menyelipkan kekhawatiran untuk disantap karena dianggap memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Nasi Padang Sehat untuk Disantap, Ahli Gizi Sebut Lalap Daun Singkong Jadi Kuncinya
Tribunnews
Nasi padang 

TRIBUN-MEDAN.com-Di balik kelezatannya, nasi padang kerap dirasa menyelipkan kekhawatiran untuk disantap karena dianggap memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Hal tersebut merujuk pada banyaknya kandungan santan dan minyak pada nasi padang yang dapat terlihat langsung secara kasat mata.

Namun, benarkah nasi padang berbahaya?

Faktanya, dalam satu piring nasi padang, terdapat "penawar" dari kolesterol tersebut. Apa itu? Mari kita simak uraiannya di bawah ini.

Menurut dari data komposisi pangan Indonesia, seporsi nasi padang itu sama dengan seporsi nasi campur dan nasi rames. Memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, yaitu 155 Kal.

Sedangkan kandungan proteinnya sebesar 10,3 g, lemak sebesar 4,2 g, dan air sebesar 65,8 g.

Bahkan kandungan karoten total dalam seporsi nasi padang ini berkisar 3.140 mcg.

Angka tersebut tergolong cukup tinggi. Karena beberapa menu lauk dalam nasi padang ini menggunakan kunyit dan cabai merah yang mengandung karoten tinggi. 

Menu Spesial Nasi Padang Berjamaah
Marco Padang
Menu Spesial Nasi Padang Berjamaah

Melansir dari Kompas.com, seorang ahli gizi dari RS Pondok Indah - Pondok Indah, dr Juwalita Surapsari, SpGK menuturkan, dirinya juga menyantap makanan dari tanah Minang ini.

Dalam episode perdana Rate My Plate yang diadakan di cabang baru restoran Padang Merdeka, Jl. K. H. Abdullah Syafe'i no 2, Tebet, Jakarta Selatan, dr Juwalita berbincang mengenai nutrisi nasi padang.

Halaman
123
Editor: Liston Damanik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved