KPU Medan Mulai Buka Kembali Pengurusan Pindah Memilih dengan Keadaan Tertentu

Kabar baik bagi anda yang belum sempat mengurus form A-5 guna pindah memilih akibat penutupan periode pengurusan oleh KPU

KPU Medan Mulai Buka Kembali Pengurusan Pindah Memilih dengan Keadaan Tertentu
TRIBUN MEDAN/FATAH BAGINDA GORBY
Komisioner KPU Kota Medan, Nana Miranti. Nana mengungkapkan pihaknya telah membagi zona dan waktu kampanye dalam bentuk rapat umum bagi peserta pemilu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kabar baik bagi anda yang belum sempat mengurus form A-5 guna pindah memilih akibat penutupan periode pengurusan oleh KPU beberapa waktu lalu.

Pasalnya, kali ini KPU membuka kembali pelayanan pengurusan surat pemberitahuan pindah memilih (Form A.5-KPU) mulai 1 April 2019 hingga 10 April 2019.

Komisioner KPU Kota Medan Divisi Program, Data dan Informasi, Nana Miranti, menjelaskan, hal ini menyahuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 20/PUU-XVII/2019 dan Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 577 per tanggal 29 Maret 2019.

“Mulai hari ini (Senin) jika masih ada pemilih yang ingin mengurus Form A.5-KPU, sudah bisa kami layani, batas akhirnya sesuai dengan putusan MK dan SE KPU RI yaitu 7 hari sebelum hari pemungutan suara atau 10 April 2019, hingga pukul 16.00 wib,” ujar Nana di Kantor KPU Kota Medan Jalan Kejaksaan No 37, Senin (1/4/2019).

Nana menjelaskan, sesuai dengan putusan MK dan SE KPU RI untuk pengurusan surat pindah memilih ini, pihaknya hanya mengakomodir pemilih dengan keadaan tertentu.

Keadaan tertentu yaitu keadaan tidak terduga di luar kemampuan dan kemauan pemilih karena sakit, tertimpa bencana alam. 

Juga bagi pemilih yang menjadi tahanan karena melakukan tindak pidana atau menjalankan tugas pada saat pemungutan suara.

“Hanya empat alasan pindah memilih yang dapat dikeluarkan Form A.5-KPU, sedang alasan untuk di luar empat kategori ini sampai sekarang pengurusan A.5-KPUnya belum dapat kita layani,” katanya.

Nana mengatakan, pengurusan surat pemberitahuan pindah memilih sebelum 17 Maret lalu telah dengan Peraturan KPU Nomor 37 Tahun 2018 perubahan PKPU Nomor 11 Tahun 2018 tentang penyusunan daftar pemilih di dalam negeri.

Menurutnya pada peraturan tersebut diatur bagi pemilih yang terdaftar di DPT untuk dapat menggunakan hak pilihnya di TPS lain.

Halaman
12
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved