PT Aquafarm Nusantara Laksanakan Lake Access Program di Sekitar Danau Toba

PT Aquafarm Nusantara (PTAN) mengadakan program bersih-bersih Danau Toba sebagai bagian dari Lake Access Program perusahaan, dengan tujuan untuk

PT Aquafarm Nusantara Laksanakan Lake Access Program di Sekitar Danau Toba
Tribun Medan / HO
Camat Ajibata Tigor Sirait, Danramil 12 Lumban Julu Dim 0210TU Lettu Inf Sati Husaini, Kapos Ajibata Siringo Ringo, Kepala Desa Ajibata Irma Sirait, berfoto bersama dengan peserta program bersih-bersih Danau Toba yang diadakan oleh PT Aquafarm Nusantara, sebagai bagian Lake Access Program perusahaan, untuk membersihkan Danau Toba di kawasan Ajibata dan empat lokasi operasional lainnya. 

MEDAN.TRIBUNNEWS.com - PT Aquafarm Nusantara (PTAN) mengadakan program bersih-bersih Danau Toba sebagai bagian dari Lake Access Program perusahaan, dengan tujuan untuk membersihkan Danau Toba di kawasan Ajibata, beserta empat lokasi operasional lainnya yakni Sirungkungon, Silimalombu, Lontung dan Pangambatan.

Program ini adalah hasil kolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, pemerintah setempat, Komandan Rayon Militer (Danramil), Babinmas, elemen Muspika, tokoh masyarakat, kelompok pemuda dan masyarakat di kawasan tersebut. Acara dimulai pukul 8 pagi dan berakhir pada jam 1 siang. Sabtu (30/3/2019).

Lebih dari 200 peserta terlibat dalam kegiatan ini, termasuk masyarakat lokal dari daerah sekitar, karyawan PTAN dan berbagai pemangku kepentingan. PTAN telah menjalankan program ini selama bertahun-tahun, tetapi ini merupakan pertama kalinya melibatkan pihak eksternal perusahaan. Kegiatan ini akan dijadikan kegiatan rutin bulanan. 

Terdapat Lebih dari 200 peserta yang terlibat dalam kegiatan ini, termasuk masyarakat lokal dari daerah sekitar, karyawan PTAN dan berbagai pemangku kepentingan.
Terdapat Lebih dari 200 peserta yang terlibat dalam kegiatan ini, termasuk masyarakat lokal dari daerah sekitar, karyawan PTAN dan berbagai pemangku kepentingan. (Tribun Medan / HO)

Kegiatan ini merupakan bagian dari program masyarakat oleh PTAN, dalam mendukung pelestarian lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat setempat akan pentingnya menjaga kebersihan danau. 

Di kawasan Ajibata, tim bersih-bersih menggunakan 2 kapal kebersihan untuk membersihkan permukaan perairan. Sampah organik, seperti eceng gondok yang dikumpulkan dari danau akan diberikan kepada petani setempat untuk diolah menjadi pupuk organik, sedangkan sampah non organik akan diangkut ke tempat pembuangan sampah dan diberikan kepada pemulung.

Sampah organik, seperti eceng gondok yang dikumpulkan dari danau akan diberikan kepada petani setempat untuk diolah menjadi pupuk organik.
Sampah organik, seperti eceng gondok yang dikumpulkan dari danau akan diberikan kepada petani setempat untuk diolah menjadi pupuk organik. (Tribun Medan / HO)
Sampah organik, seperti eceng gondok yang dikumpulkan dari danau akan diberikan kepada petani setempat untuk diolah menjadi pupuk organik.
Sampah organik, seperti eceng gondok yang dikumpulkan dari danau akan diberikan kepada petani setempat untuk diolah menjadi pupuk organik. (Tribun Medan / HO)

Senior Community Affairs Manager PT Aquafarm Nusantara Dian Octavia mengatakan, melalui kegiatan bersih-bersih hari ini, kita menyadari bahwa betapa pentingnya peran Danau Toba dalam mendukung kegiatan sehari-hari.

"Air bersih sangat penting bagi kegiatan PTAN. Kami sangat bergantung pada kualitas air yang baik untuk Ikan Nila kami yang berkualitas tinggi. Hari ini menandai upaya bersama pertama antara perusahaan dan berbagai pemangku kepentingan eksternal. Kami akan mengadakan kegiatan ini setiap bulan secara rutin. Banyak orang yang mengandalkan Danau Toba untuk penghidupan mereka. Kami percaya bahwa kita harus bersama-sama berusaha menjaga kebersihan Danau. ", ujarnya

Peserta yang berpartisipasi dalam program bersih-bersih Danau Toba bersama PT Aquafarm Nusantara
Peserta yang berpartisipasi dalam program bersih-bersih Danau Toba bersama PT Aquafarm Nusantara (Tribun Medan / HO)
Editor: Ryan Nur Harahap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved