Virus Menyebar dalam Laptop UNBK, Ratusan Siswa Harus Ikuti Ujian Susulan di SMAN 4 Medan

Sekitar 200an siswa dan siswi kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Medan harus mengikuti ujian susulan UNBK

Virus Menyebar dalam Laptop UNBK, Ratusan Siswa Harus Ikuti Ujian Susulan di SMAN 4 Medan
TRIBUN MEDAN/RISKY CAHYADI
Siswa dan siswi SMAN 4 Medan saat menunggu kepastian untuk mengikuti ujian 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sekitar 200an siswa dan siswi kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Medan harus mengikuti ujian susulan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tanggal 15 April mendatang.

Para siswa tersebut harus mengikuti ujian susulan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia karena di hari pelaksanaan, Senin (1/4/2019) terkendala akibat server atau jaringan yang eror.

“Tadi pagi (1/4/2019) sekitar pukul 09.00 WIB tiba-tiba server eror dan diduga karena ada virus yang langsung menyebar ke beberapa server di laptop dan komputer yang digunakan untuk UNBK,” ujar Kepala Sekolah SMAN 4 Medan, Ramly saat ditemui Tribun, Senin (1/4/2019).

Ia menjelaskan, akibatnya, para siswa dan siswi yang seharusnya mengikuti ujian di gelombang pertama yaitu pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB terpaksa harus mengikuti ujian susulan.

“Awalnya kita berharap siswa di gelombang pertama tersebut bisa mengulang ujian karena kita sudah minta perpanjangan waktu, tetapi ternyata tidak sempat sehingga mau tidak mau harus mengikuti ujian susulan,” jelasnya.

Ia menuturkan, awalnya virus tersebut menyerang satu ruangan di gelombang pertama kemudian dengan cepat menyerang lima kelas lainnya yang saat itu sedang melaksanakan ujian sehingga harus tertunda.

“Lalu di gelombang kedua virus sudah mulai teratasi namun hanya dua ruangan yang stabil dan di gelombang ketiga sudah semua ruangan stabil. Namun waktu tidak terkejar sehingga gelombang pertama tetap harus ujian susulan,” tuturnya.

Ia menerangkan, ada sekitar 535 siswa di SMAN 4 Medan yang mengikuti UNBK dan sekitar 200 siswa terkendala di hari pertama pelaksanaan UNBK dan harus mengikuti ujian susulan.

“Kita sudah melapor kepada dinas pendidikan dan sudah direspon dengan saat kejadian turun langsung ke sekolah dan melakukan pengecekan serta perbaikan dan hingga saat ini sudah mulai stabil,” terangnya.

Sebelumnya kepanikan sempat dirasakan oleh Fauzi saat sedang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan baru menjawab lima soal tetapi tiba-tiba sistem di laptop yang digunakannya eror.

Halaman
123
Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved