Pascaputusan MK, KPUD Asahan Kembali Buka Pelayanan Formulir A5 untuk Keadaan Tertentu

Kami tetap mengakomodir pemilih dengan keadaan tertentu yaitu keadaan tidak terduga di luar kemampuan dan kemauan pemilih karena sakit.

Pascaputusan MK, KPUD Asahan Kembali Buka Pelayanan Formulir A5 untuk Keadaan Tertentu
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Komisioner KPUD Asahan, Kelana Muttaqin Simanjuntak saat diwawancara di kantor KPUD Asahan, Jalan Sisingamangaraja, Kisaran pada Selasa (26/3/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 20/PUU-XII/2019 dan keluarnya Surat Edaran(SE) KPU RI Nomor 577, maka KPUD Asahan kembali membuka pelayanan formulir pindah memilih (A5).

Komisioner KPUD Asahan, Kelana Muttaqin Simanjuntak menjelaskan pelayanan pengajuan A5 itu berlangsung hingga 10 April 2019 mendatang.

Namun, hanya ada empat keadaan tertentu bagi masyarakat yang pengajuan A5-nya tetap bisa diakomodir oleh KPUD Asahan.

"Kami tetap mengakomodir pemilih dengan keadaan tertentu yaitu keadaan tidak terduga di luar kemampuan dan kemauan pemilih karena sakit. Tertimpa bencana alam," kata Kelana, Selasa (2/4/2019).

Selain itu, Kelana menyebutkan menjadi tahanan karena melakukan tindak pidana, dan karena menjalankan tugas pada saat pemungutan suara yang tetap bisa diakomodir pelayanan A5.

"Tidak semua bisa diakomodir. Diimbau yang mau dijadikan A5-nya silakan datang ke kantor KPU Asahan atau pun PPK. Kalau bisa datang langsung, jangan diwakilkan," sebutnya.

Proses pelayanan formulir pindah memilih itu berlangsung setiap hari kerja mulai pukul 08.00-17.00 WIB di sekretariar KPUD Asahan, Jalan Sisingamangaraja, Kisaran.

"Tapi khusus hari terakhir tanggal 10 April 2019 atau H-7 sebelum hari pencoblosan pelayanan pengajuan A5 ditutup pukul 4 sore," pungkasnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved