Terungkap,Virus Ini Penyebab 331 Siswa SMAN 4 Terpaksa Harus Ikuti Ujian Susulan

Sebanyak 331 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Medan, terpaksa harus mengulang UNBK

Terungkap,Virus Ini Penyebab 331 Siswa SMAN 4 Terpaksa Harus Ikuti Ujian Susulan
TRIBUN MEDAN/M ANDIMAZ KAHFI
Suasana para siswa SMAN 4 Medan yang mengikuti UNBK. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sebanyak 331 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Medan, terpaksa harus mengulang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Hal itu terpaksa dilakukan, karena saat ujian berlangsung tiba-tiba saja komputer yang mereka gunakan terserang virus Trojan, sehingga komputer tidak dapat digunakan para siswa untuk ujian.

Setelah komputer diperbaiki petugas dan teknisi Dinas Pendidikan Sumatera Utara, 535 pelajar SMA Negeri akhirnya dapat mengikuti UNBK di hari kedua tanpa gangguan.

Diketahui, 331 siswa SMAN 4 Medan yang tidak dapat melaksanakan UNBK mata pelajaran Bahasa Indonesia tersebar dalam tiga sesi ujian.

Pada sesi pertama di pagi hari 180 kemarin, siswa di lima ruangan tak dapat melaksanakan ujian, karena komputer yang digunakan terserang virus.

Setelah kerusakan itu dilaporkan, sejumlah komputer dapat diperbaiki. Sehingga 204 peserta ujian di sesi dua dan tiga dapat melaksanakan ujian hingga berakhirnya waktu.

Namun, 151 siswa masih belum dapat mengikuti ujian. Karena tidak dapat mengikuti ujian, 331 siswa SMAN 4 terpaksa harus mengulang mata pelajaran Bahasa Indonesia pada 15 April 2019 mendatang.

Kepala Sekolah SMAN 4 Medan, Ramli membenarkan bahwa hari pertama pelaksanaan UNBK pihaknya sempat alami kendala, lantaran komputer terserang virus.

“Kemarin Senin (1/4/2019) memang kami ada masalah, kami pantau pukul 08.00 WIB berjalan baik. Setelah lewat pukul 09.00 WIB saat anak sudah mengerjalan beberapa soal, tiba tiba komputer kita terserang virus," kata Ramli, Selasa (2/4/2019).

"Mulai dari ruangan 3 berlanjut ke ruangan yang lain. Alhamdulilah hari ini bisa berjalan dengan baik. Untuk yang semalam lebih kurang 331 siswa yang terkendala ujian sementara yang 204 sudah ready. Untuk yang 331 ini kita rencana jadi susulan pada 15 April 2019 nanti untuk pelajaran Bahasa Indonesia," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved