KPU Izinkan Keluarga Dampingi Pemilih Disabilitas ke Bilik Suara: Syaratnya Isi Surat Pendamping!

Nurbaiyah Siregar mengatakan keluarga dapat mengisi surat pendamping di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

KPU Izinkan Keluarga Dampingi Pemilih Disabilitas ke Bilik Suara: Syaratnya Isi Surat Pendamping!
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Komisioner KPU Kota Siantar Bidang Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Nurbaiyah Siregar. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar mempersilakan keluarga atau pun perawat ikut menemani pemilih disabilitas ke kotak suara.

Komisioner KPU Siantar Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sosialisasi Nurbaiyah Siregar mengatakan keluarga dapat mengisi surat pendamping di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Penyandang disabilitas boleh didampingi. Dengan pendampingnya itu boleh petugas KPPS atau keluarganya dengan syarat mengisi surat pendamping di TPS,"ujarnya saat ditemui di KPU Siantar Jalan Porsea, Rabu (3/4/2019).

Nurbaiyah mengungkapkan jika tidak ada keluarga yang menemani dapat dibantu dengan petugas KPPS.

Berdasarkan data, ada sekitar 30 penyandang disabilitas yang memilih di Kota Pematangsiantar. Penyandang disabilitas itu terdapat di panti jompo dan panti rehabilitasi.

KPU Kota Siantar telah melakukan sosialisasi di panti-panti sejak Desember 2018. Selain itu, KPU juga telah merekrut relawan untuk melakukan sosialisasi di panti dan lemmbaga permasyarakatan (Lapas).

"Relawan ini juga masuk dalan perkumpulan disabilitas. Mereka (relawan) memberikan pemahaman kepada mereka,"ujarnya.

KPU Kota Siantar juga telah membuka laporan perpindahan tempat memilih. Namun, registrasi ini hanya untuk tiga kriteria yakni karena bencana alam, karena menjalani perawatan rumah sakit, dan menialanai hukuman di lapas.

Sesuai dengan peraturan yang telah diresmikan Mahkamah Konstitusi (MK) pemilih dapat memilih dengan modal surat keterangan (suket) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

(tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved