Pemko Medan Tambah Alokasi Anggaran Rp 4,5 Miliar, ASN Dapat Kenaikan Gaji April Ini

Pemerintah Kota Medan menggelontorkan alokasi tambahan untuk melaksanakan pemberian kenaikan gaji

Pemko Medan Tambah Alokasi Anggaran Rp 4,5 Miliar, ASN Dapat Kenaikan Gaji April Ini
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Kota Medan menggelontorkan alokasi tambahan untuk melaksanakan pemberian kenaikan gaji untuk para ASN-nya. 

Total, Pemko mengalokasikan dana tambahan sebesar Rp 4,5 Miliar guna menindaklanjuti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Medan, Irwan Ibrahim Ritonga mengatakan, kenaikan gaji ASN dilingkungan Pemko Medan adalah sebesar lima persen. 

Untuk sementara kenaikan tersebut disematkan pada gaji bulan April 2019 ini.

“Bulan April ini Pemko menyalurkan gaji baru kepada para ASN, yang mana gaji yang didapat per bulan itu ditambah lima persen. Kemudian gaji pada bulan Januari, Februari, dan Maret, Pemko akan menyalurkannya paling lama dalam seminggu ke depan,” kata Irwan, Jumat (5/4/2019).

Kenaikan lima persen, diutarakan Irwan bukan hanya pada gaji bulanan. Kenaikan gaji diberikan juga dalam Gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR).

Kepada Tribun Medan, Irwan menjelaskan kenaikan gaji disesuaikan dengan golongan kerja setiap ASN. ASN terendah, yakni Golongan II akan mengalami kenaikan gaji sebesar Rp 250.000. 

Sementara untuk range tertinggi, yakni golongan IV, ASN akan mendapatkan kenaikan upah sebesar Rp 700.000.

Irwan mengaku, normalnya alokasi gaji seluruh ASN di Pemko Medan sekitar Rp90 miliar lebih setiap bulan. Dengan kenaikan 5 persen ini, maka Pemko harus menambah Rp4,5 miliar. "Keuangan Pemko Medan masih dalam taraf yang aman," singkatnya

Saat ini Pemko Medan menanggung 14.000 ASN yang bernaung dibawah sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sebelumnya, setiap tahun Pemko menganggarkan APBD sebesar Rp 1,6 Triliun, atau sekitar Rp 130 Miliar per bulannya, dengan rincian Rp 90 miliar untuk gaji dan sisanya Rp 40 miliar belanja infrastruktur.

(cr15/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved