Menelusuri Jejak Kolonialisme Kota Medan Hingga Belajar Kebhinekaan dari Tjong A Fie

Asosiasi Guru Sejarah bersama MGMP Sejarah SMA/SMK Provinsi Sumatera Utara melaksanakan program Jelajah Jejak-jejak Kolonialisme

Menelusuri Jejak Kolonialisme Kota Medan Hingga Belajar Kebhinekaan dari Tjong A Fie
Istimewa
AGSI Sumu bersama MGMP Sejarah SMA/SMK Provinsi Sumatera Utara saat berada di Tjong A Fie Mansion 

TRIBUN-MEDAN.com - Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Provinsi Sumatera Utara bersama MGMP Sejarah SMA/SMK Provinsi Sumatera Utara melaksanakan program Jelajah Jejak-jejak Kolonialisme Asing di Kota Medan.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang akan rutin dilakukan sebanyak satu kali dalam dua bulan di tempat-tempat yang berbeda di Sumatera Utara. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kesadaran sejarah kepada guru-guru sejarah sehingga memiliki keinginan kuat untuk menghadirkan pula kesadaran sejarah kepada peserta didik." Ungkap Yopi Rachmad, Ketua Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (6/4/2019).

Kegiatan ini tidak saja diisi lawatan ke tempat-tempat yang menjadi jejak kolonialisme di kota Medan, tetapi juga dirangkai dengan bedah buku Sumatera Tempo Dulu.

Beberapa tempat yang dijelajahi antara lain stasiun kereta api Medan, Lapangan Merdeka, Tjong A Fie Mansion, Restoran Tip Top dan Museum Perkebunan Indonesia.

Di restoran Tip Top, peserta jelajah menikmati ice cream rasa tahun 1930-an dan berdiskusi dengan pemilik restoran Tip Top tentang sejarah Tip Top sejak sebelum kemerdekaan hingga pada masa kemerdekaan. 

Mendengarkan penjelasan sejarah restoran Tip Top
Mendengarkan penjelasan sejarah restoran Tip Top. Bersama Pak Koes, pemilik Restoran Tip Top yang berdiri sejak 1929 (Istimewa)

Peserta juga diajak untuk melihat tungku masak yang sejak 1934 hingga saat ini masih digunakan oleh restoran. 

Sebuah restoran yang tidak saja tetap mempertahankan suasana tempo dulu, tetapi juga tetap melayani romantisme masa lalu lewat rasa.

Jelajah ke tempat selanjutnya tidak kalah menariknya. Tjong A Fie Mansion merupakan sebuah rumah seorang Major pada masa kolonialisme di kota Medan, Tjong A Fie.

Peserta jelajah menikmati suasana rumah yang tetap menpertahankan arsitektur dan semua perabotan sejak awal dibangun. 

Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Provinsi Sumatera Utara bersama MGMP Sejarah SMA/SMK Provinsi Sumatera Utara bersama Kepala Museum Perkebunan Indonesia Sri Hartini
Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Provinsi Sumatera Utara bersama MGMP Sejarah SMA/SMK Provinsi Sumatera Utara bersama Kepala Museum Perkebunan Indonesia Sri Hartini (Istimewa)

Dari rumah ini kita juga belajar kebhinekaan dari sang pemilik rumah.

Halaman
12
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved