Wali Kota Medan Harap Jogja Mandiri Expo Memotivasi Pelaku UMKM Medan

Wali Kota Medan Drs Dzulmi Eldin S MSi MH menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya perhelatan bertajuk Jogja

Wali Kota Medan Harap Jogja Mandiri Expo Memotivasi Pelaku UMKM Medan
TRIBUN MEDAN/HO
Wali Kota Medan Drs Dzulmi Eldin S MSi MH menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya perhelatan bertajuk Jogja Mandiri Expo di di Atrium Manhattan Times Square, Jumat (5/4/2019). 

MEDAN.TRIBUNNEWS.com, MEDAN - Wali Kota Medan Drs  Dzulmi Eldin S MSi MH menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya perhelatan bertajuk Jogja Mandiri Expo di di Atrium Manhattan Times Square, Jumat (5/4/2019). Selain memperkenalkan karya kreatif UMKM Kota Yogyakarta kepada seluruh masyarakat Kota Medan, event  ini juga diharapkan dapat memotivasi para pelaku UMKM di ibukota Provinsi Sumatera Utara agar senantiasa berkreasi dan berinovasi dalam menghasilkan produk-produk unggulannya.

Apresiasi dan harapan ini disampaikan Wali Kota saat menghadiri puncak acara pameran Jogja Mandiri Expo yang mengusung tema, “Jogja Penuh Pesona” bersama Ketua Dekranasda Kota Medan Hj  Rita Maharani SH. Diharapkan Wali Kota, event ini dapat menjadi wahana bertukar informasi mengenai kerajinan batik. Di samping itu juga menjadi sarana kolaborasi pengrajin UMKM antar Kota Medan dan Yogyakarta.

“Kita berharap pengrajin Kota Medan dapat mengunjungi event ini guna saling bertukar informasi serta berkolaborasi dengan pengrajin dan pelaku UMKM dari Kota Yogyakarta. Informasi dan kolaboransi ini tentunya sangat berguna untuk lebih membuka wawasan agar para pelaku UMKM di Kota Medan dapat terus berinovasi sehingga melahirkan produk-produk terbaik ke depannya,” kata Wali Kota.

Dikatakan Wali Kota, Yogyakarta selain terkenal dengan sebutan kota pelajar, juga terkenal akan ragam seni budaya tradisionalnya seperti batik, wayang dan tempat wisatanya. Di samping itu  di sepanjang Jalan Malioboro  terdapat berbagai kerajinan tangan yang dijual dengan harga yang terjangkau sehingga menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jogja Mandiri Expo  diikuti sebanyak 35 pelaku UMKM dari Yogyakarta dengan mempromosikan aneka produk seperti handycraft, batik serta kuliner. Perhelatan ini berlangsung selama lima hari mulai 3 sampai 7 April. Di samping promosi produk unggulan UMKM Kota Yogyakarta, event ini juga mengedukasi pengunjung dengan membuka stand pelatihan membatik dan merajut boneka.

Event ini sangat menginspirasi Wali Kota sehingga berkeinginan untuk  membawa hasil produk unggulan pelaku UMKM di Kota Medan guna dipromosikan di Kota Yogyakarta. Oleh karenanya Wali kota berpesan agar pelaku UMKM di Kota Medan terus meningkatkan kualitas produknya masing-masing.

“Insya Allah, tahun depan kita akan menggelar expo yang sama di Kota Yogyakarta guna memperkenalkan produk-produk UMKM khas Kota Medan kepada masyarakat di sana. Dengan demikian dapat menambah motivasi bagi para pengrajin Kota Medan untuk terus menciptakan produk unggulan ke depannya,” ungkapnya.

Puncak acara Jogja Mandiri Expo turut dihadiri langsung Wali Kota Yogyakarta  Hariyadi Suyuti bersama Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun. Hariyadi mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan karena dapat memperkenalkan produk unggulan UMKM dan kuliner khas Kota Yogyakarta  melalui Jogja Mandiri Expo.

“Terima kasih atas sambutannya, besar harapan kami  semoga masyarakat Kota Medan dapat menerima produk unggulan UMKM dan kuliner khas Kota Yogyakarta. Kami juga menunggu kedatangan rombongan Wali kota Medan beserta pelaku UMKM untuk dapat mempromosikan produk unggulannya di Kota Yogyakarta,” ujar Hariyadi.

Acara puncak Jogja mandiri Expo dimeriahkan dengan pagelaran busana Songket dan Batik Medan  yang merupakan hasil kreasi Ketua Dekranasda Kota Medan Hj Rita Maharani SH. Pagelaran yang dibawakan model-model cantik mendapat apresiasi dan aplaus meriah dari para pengunjung. Sebab, busana Songket dan Batik Medan sengaja didesain dengan trend kekinian dan dapat dikenakan dalam berbagai suasana.

Tidak hanya pengunjung, Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta juga kagum dengan hasil desain istri Wali Kota Medan. Berkat tangan dingginya, kini Songket dan Batik Medan sudah membumi karena hasilnya tidak kalah dengan songket maupun batik dari daerah lainnya di nusantara. (RF)

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved