15 Anggota DPRD Asahan Belum Laporkan LHKPN

Sebanyak 15 anggota DPRD Asahan belum menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

15 Anggota DPRD Asahan Belum Laporkan LHKPN
Tribun Medan/Mustaqim Indra Jaya
Kabag Perencanaan Keuangan Setwan Asahan, Murdi Simangungsong 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Sebanyak 15 anggota DPRD Asahan belum menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Kepala Bagian (Kabag) Perencanaan Keuangan DPRD Asahan, Murdi Simangungsong mengatakan, sampai saat ini baru 30 orang dari total 45 anggota DPRD Asahan yang sudah melaporkan LHKPN ke KPK. Sedangkan sisanya ada yang masih dalam tahap proses pelaporan.

Ia pun tidak menyebutkan asal fraksi para anggota DPRD Asahan yang belum melaporkan LHKPN tersebut.

"Sampai hari ini (Rabu), sekitar 25-30 anggota dewan di Asahan yang sudah lapor LHKPN. Selebihnya dalam proses," kata Murdi, Rabu di kantor sekretariat DPRD Asahan, Jalan Lintas Sumatera, Kisaran, Rabu (10/4/2019).\

Baca: Jelang Kedatangan Prabowo, Titik Soeharto Nyanyikan Lagu Berlirik Cinta

Baca: VIDEO: Hotman Paris Hutapea Singgung Jokowi dan Prabowo #JusticeForAudrey

Murdi menyatakan pelaporan LHKPN setiap anggota DPRD dilakukan secara pribadi. Tugas Sekretariat Dewan hanya mengingatkan kepada seluruh anggota DPRD untuk menyegerakan pelaporan tersebut.

"Mungkin masalah jaringan, server kan dipakai bukan cuma DPRD Asahan saja, tapi SKPD juga, dan itu se-Indonesia. Saya sendiri juga sempat kesulitan. Kalau DPRD kan pribadi pelaporannya. Cuma sudah dikasih tahu dan dikonfirmasi kapan terkahir," sebutnya.

Di samping itu, dari 15 anggota DPRD Asahan periode 2014-2019, terdapat lima orang anggota dewan aktif yang tidak mencalonkan diri kembali pada Pemilu 17 April 2019.

"Jadi, mereka yang lapor LHKPN kan karena ada kepentingan kedepan. Kalau belum lapor LHKPN, bila terpilih nantinya terancam tidak akan dilantik," ujarnya.

Komisioner KPUD Asahan Divisi Hukum, Ali Sofyan Hasibuan mengatakan, sampai saat ini belum ada satu pun calon legislatif (Caleg) DPRD Asahan yang maju pada Pemilu 2019 memberitahukan kepada KPUD Asahan bahwa mereka sudah melaporkan LHKPN.

Halaman
12
Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved