Isu Warga 'Hijrah' ke Luar Negeri saat Pemilu! Di Sumut Lonjakan Penumpang terjadi 17 April

Kami tidak memiliki data rencana keberangkatan orang, karena list daftar penumpang itu kita terima beberapa jam

Isu Warga 'Hijrah' ke Luar Negeri saat Pemilu! Di Sumut Lonjakan Penumpang terjadi 17 April
businesstraveller.com
Ilustrasi: Pesawat 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pernyataan Menkopolhukam Wiranto yang mengungkapkan akan banyak masyarakat yang akan hijrah ke luar negeri jelang pencoblosan Pemilu pada 17 April 2019, coba ditelusuri di Sumut.

Wiranto pada Senin (8/4/2019) lalu menyebutkan sudah mengecek tiket di beberapa maskapai untuk tujuan ke luar negeri ternyata cukup banyak.

"Saya cek berapa sih tiket sebelum pemilu yang telah terjual untuk ke luar negeri, ternyata cukup banyak," ungkap Wiranto di Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Namun, Wiranto tidak mengungkapkan jumlah tiket ke luar negeri yang telah terjual jelang pencoblosan.

Ia membeberkan penyebab angka pembelian tiket ke luar negeri yang tinggi dipengaruhi oleh hoaks bahwa pemilu kali ini akan terjadi kerusuhan.

Tribun, mencoba menelusuri info ini kepada Kepala Imigrasi Kelas I/Khusus Medan Agato PP Simamora yang dijumpai di kantornya pada Rabu, (10/4/2019), Jl. Gatot Subroto Medan.

Namun, ia menuturkan bahwa pihaknya tidak bisa mendapatkan data untuk para warga yang berangkat ke luar negeri itu beberapa jam sebelum keberangkatan.

"Kami tidak memiliki data rencana keberangkatan orang, karena list daftar penumpang itu kita terima beberapa jam sebelum keberangkatan. Jadi kita tidak bisa menghitung, memprediksi berapa jumlah orang yang akan berangkat tanggal 17 April atau sebelumnya," tuturnya.

Ia juga menuturkan bahwa seminggu jelang pesta demokrasi tersebut, belum ada penambahan maskapai di Bandara Internasional Kualanamu. Dimana hal ini menandakan bahwa tidak adanya pelonjakan keberangkatan ke luar negeri.

"Tetapi yang saya ketahui sampai detik ini tidak ada tambahan pesawat, semua reguler, tetap. Tidak ada extra flight sampai saat ini. Yang kami dapat informasi bahwa belum ada pemberitahuan adanya extra flight dalam bulan ini," tuturnya.

Halaman
123
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved