KPU Sumut Kelimpungan Input Pemilih, Jumlah DPT Sumut Belum Dapat Dipastikan

KPU Sumut belum bisa memastikan berapa jumlah DPT Sumut pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 17 April 2019, yang hanya sepekan lagi.

KPU Sumut Kelimpungan Input Pemilih, Jumlah DPT Sumut Belum Dapat Dipastikan
TRIBUN MEDAN
Sejumlah warga mengurus surat pemindahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau formulir A5 di Kantor Komisi Pemilihan Umum di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan Jalan Kejaksaan, Medan, Sumatera Utara, Selasa (9/4/2019).TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

MEDAN, TRIBUN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara kelimpungan mengimput data pemilih tetap (DPT).

Konsekuensinya KPU Sumut belum bisa memastikan berapa jumlah DPT Sumut pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 17 April 2019, yang hanya sepekan lagi.

Komisioner KPU Sumut Herdensi Adnin mengatakan, belum bisa berkomentar soal DPT.

"Belum bisa saya komentari lah untuk DPT ini," kata Herdensi kepada Tribun Medan di ruang kerjanya, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Selasa (9/4).

Namun, ia juga tidak menjelaskan secara detail kendala KPU Sumut terkait penentuan jumlah DPT. Herdensi hanya mengatakan, DPT itu harus dikeluarkan dari pihak resmi, yaitu KPU.

"Kendala nggak ada sih, kita maunya resmi dari KPU," ucapnya.

Herdensi menambahkan, masih menunggu hasil rapat pleno penghitungan jumlah DPT untuk seluruh wilayah Sumut.

"Kita menunggu lah dulu ini, DPT ini," ucapnya. Apalagi Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan calon pemilih bisa menggunakan surat keterangan (suket) perekaman e-KTP untuk mencoblos pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.

Selain itu, KPU juga masih melayani pengurusan surat pindah memilih atau forma A5 KPU tahap kedua hingga hari ini, Rabu, 10 April 2019. Sebelumnya, KPU juga melayani pengursan form A5 pada 18 Agustus 2018-17 Maret 2019.

Tetapi pada proses pengurusan form A5 ada beberapa perubahan yang diputuskan MK. Pada tahap pertama, form A5 bisa diurus dengan delapan item atau alasan.

Halaman
1234
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved