Negara Tetangga Sudah Pakai Video Assistant Referee (VAR), Indonesia Kapan?

Sempat terjadi pro-kontra mengenai keakuratan VAR, beberapa negara tidak merasa ragu untuk tetap menggunakan teknologi tersebut

Negara Tetangga Sudah Pakai Video Assistant Referee (VAR), Indonesia Kapan?
Tribun Medan / Engadget
Negara Tetangga Sudah Pakai Video Assistant Referee (VAR), Indonesia Kapan?. Video Assistant Referee (VAR) 

Negara Tetangga Sudah Pakai Video Assistant Referee (VAR), Indonesia Kapan?

TRIBUN-MEDAN.com_Teknologi Video Assistant Referee (VAR) mulai dipakai sejumlah negara di Asia Tenggara, tentu saja tujuannya untuk memperbaiki kualitas kompetisi dan membantu kinerja wasit sebagai pengadil di lapangan.

Sempat terjadi pro-kontra mengenai keakuratan VAR, beberapa negara tidak merasa ragu untuk tetap menggunakan teknologi tersebut pada kompetisi sepak bolanya.

VAR diciptakan untuk mengurangi keputusan-keputusan wasit yang dianggap kontroversial, terutama terkait dengan offside, handball, penalti, atau pelanggaran yang terlewat.

Beberapa negara di Eropa banyak yang setuju agar VAR dapat dipakai di kompetisi mereka masing-masing.

Jerman, Spanyol, Italia, dan Inggris (baru di turnamen domestik) menjadi beberapa negara Eropa yang telah setuju menggunakan teknologi ini.

Piala Dunia 2018 di Rusia menjadi turnamen internasional pertama yang memakai VAR meskipun beberapa negara peserta sempat mengeluhkan keakuratan teknologi ini.

Adapun di benua Asia, teknologi VAR mulai dipakai pada turnamen Piala Asia 2019 yang digelar di Uni Emirat Arab beberapa bulan lalu.

Sebelum Piala Asia 2019 memakai VAR, salah satu negara di Asia Tenggara, Thailand, lebih dulu menggunakan teknologi ini.

Teknologi VAR mulai dipakai negeri Gajah Putih pada kompetisi musim 2018. Thailand bahkan menjadi pengguna pertama di kawasan Asia Tenggara.

Seperti dilansir BolaSport.com dari Thairat, Presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), Somyot Poomphanmuang, tertarik dengan kegunaan VAR untuk membantu kinerja wasit di lapangan.

Halaman
123
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved