Pasca Putusan MK Soal A5, KPU Plenokan Hasil DPTB Terbaru di Pemko Binjai

Komisioner KPU Binjai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tambahan pasca putusan MK

Pasca Putusan MK Soal A5, KPU Plenokan Hasil DPTB Terbaru di Pemko Binjai
TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
Komisioner KPU Binjai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tambahan 

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Komisioner KPU Binjai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tambahan pasca putusan MK tentang Pemilu 2019. 

Pleno digelar bersama unsur Forkopimda di Aula Pemko Binjai, Kamis (11/10/2019)

Lima Komisioner KPU hadir yakni, Ketua KPU Zulfan Efendi, Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM Robby Effendi, Divisi Data Arkam, Divisi Hukum Arifin, dan Divisi Teknis Risno. Pleno juga dihadiri perwakilan partai politik, Kesbangpol, Kalapas Binjai, perwakilan Disdukcapil.

Ketua KPU Binjai, Zulfan Efendi menjelaskan pihaknya melakukan rapat pleno karena terjadi perubahan jumlah pemilih di Kota Binjai setelah adanya putusan MK terbaru. 

Hal ini terkait, perpanjangan waktu untuk warga yang dibolehkan mengurus Formulir A5 syarat memilih bagi yang pindah kerja, sakit, terdampak bencana alam, dan warga binaan Lembag Pemasyarakatan.

Dijelaskan Zulfan, sejak ada putusan MK, hingga 10 April 2019 terdapat tambahan pemilih yang masuk DPT Binjai, dan ada juga yang keluar dari DPT Binjai. 

Jumlah terbanyak yang masuk dan keluar DPT mengurus A5 karena alasan pindah kerja.

"Itu ada 851 yang keluar mengurus A5, yang masuk ada 763. Yang pasca putusan MK jumlahnya berbeda, tapi sudah masuk di situ juga," katanya usai rapat pleno.

Adapun rincian sesuai jenis kelamin yang masuk menjadi DPT Binjai memakai A5, yakni laki-laki berjumlah 609, perempuan berjumlah 154 orang. Alhasil, jumlah Daftar Pemilih Tetap terjadi perubahan seminggu jelang pencoblosan 17 April 2019 mendatang.

Zulfan memaparkan, jumlah DPT Binjai adalah 190.945, dan DPTB masuk melalui form A5 teranyar berjumlah 763, sehingga ditotalkan menjadi 191.708. Lantaran ada DPTB yang keluar pakai A5, maka 191.708 dikurangi 851.

"Jadi rumusnya DPT ditambah DPTB masuk dikurangi DPTB keluar. Sehingga total akhir DPTB pasca putusan MK adalah 190.857," ungkapnya.

Komisioner KPU Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Robby Effendi menyatakan hasil pleno ini akan disampaikan ke provinsi dan KPU RI. Dan KPU Binjai akan menunggu hasil KPU RI.

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved