Potensi Kerawanan Pemilu 2019, Sumut Urutan ke-28 dari 34 Provinsi

Provinsi Sumut urutan ke-28 dari 34 Provinsi dalam hal kerawanan Pemilu dan ini mengacu data yang dikeluarkan KPU RI.

Potensi Kerawanan Pemilu 2019, Sumut Urutan ke-28 dari 34 Provinsi
Tribun Medan / Sofyan Akbar
Kapolri Jendral Tito Karnavian (kanan) dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kiri) dan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto saat deklarasi netralitas di Pemilu 2019, Kamis (11/4/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Provinsi Sumut urutan ke-28 dari 34 Provinsi dalam hal kerawanan Pemilu dan ini mengacu data yang dikeluarkan KPU RI.

"Kalau dari index yang dikeluarkan KPU, Sumatera Utara ini urutan Ke 28 dari 34. Namun demikian kita tidak boleh underestimate (meremehkan) kita tetap siaga, waspada dan siap sedia untuk tahapan pemilu,"kata Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Kamis (11/4/2019).

Ia mengatakan dalam pengamanan Pemilu 2019, Polda Sumut dan Kodam I/BB menurunkan 22 Ribu personel gabungan.

"Jumlah pasukan untuk jajaran Polda Sumut dengan bantuan TNI ada 22 ribu yang akan tersebar di lapangan baik itu pengamanan TPS dan memback-up situasi keamanan lainnya," kata Agus.

Ia mengaku dalam apel kesiapan Pemilu ini, Sumut mendapat kehormatan melakukan apel kesiapan karena dihadiri dan dicek langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Tito Karnavian.

"Artinya beliau meyakinkan betul pada pihak keamanan di Sumut siap melakukan tahapan pengamanan pemilu yang sebentar lagi kita laksanakan,"terangnya.

Sementara itu Pangdam I/BB, Mayor Jenderal TNI Sabrar Fadhilah mengamini apa yang dikatakan Kapolda Sumut.

"Saya didampingi unsur TNI menegaskan bahwa TNI siap mendukung Polri untuk menyelenggarakan pengamanan Pemilu agar aman dan damai,"katanya.

Ia menegaskan netralitas itu sudah menjadi keharusan dan memberitahukan kepada masyarakat agar jangan takut dalam pemilu nanti dalam pesta demokrasi. "Karena, TNI dan Polri siap mengamankan ini,"ujarnya.

"Kami ada tahapannya bahwa ini pesta demokrasi, kami mengedepankan masyarakat agar mengajak untuk menyukseskan Pemilu ini," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Sofyan Akbar
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved