Ratusan Orang Datangi KPU Medan, Warga Antre sejak Pukul 08.00 WIB Urus Surat Pindah Milih

"Pascapenutupan pukul 16.00 WIB, kami tidak melayani lagi permohonan formulir A5," kata Nana Miranti, kemarin.

Ratusan Orang Datangi KPU Medan, Warga Antre sejak Pukul 08.00 WIB Urus Surat Pindah Milih
Tribun Medan/M Daniel Effendi Siregar
Warga mengantre untuk mengurus surat pemindahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau formulir A5 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan, Rabu (10/4/2019). Memasuki hari terakhir untuk pengurusan surat pindah memilih (A5) pada 10 April 2019, KPU Medan hanya mengakomodir pemilih dalam keadaan terkena bencana alam, sakit, menjadi tahanan dan menjalankan tugas saat pemungutan suara. 

MEDAN, TRIBUN-Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan dipadati ratusan orang, yang mengurus surat pindah memilih atau formulir A5 KPU, Rabu (10/4). Pantauan Tribun Medan/www.tribun-medam.com, pada hari terakhir pengurusan formulir A5 KPU, terlihat warga mengantre sejak pukul 08.00 WIB di Kantor KPU Medan, Jalan Kejaksaan.

Seorang warga, yang mengurus surat pindah memilih tersebut, Roslider Elisabeth, mengatakan, ketentuan pengurusan A5 tidak sulit.

"Kami cuma membawa data administrasi pendukung, seperti e-KTP, KK bukti terdaftar di DPT, dan surat keterangan dari instansi bekerja," ujarnya, Rabu.

Elisabeth menambahkan, ia beserta rekannya Rianti M Sinaga harus mengurus surat pindah memilih, karena tuntutan pekerjaan. "Kami bertugas sebagai petugas kesehatan di Rumah Sakit Murni Teguh. Dan, kebetulan berdomisili di Kota Binjai," katanya.

Menurut Elisabeth, dengan adanya formulir A5 KPU, dapat memilih di rumah sakit tempat ia bekerja.

"Kami telah menyelesaikan seluruh persyaratannya dan diminta mengambil formulir A5 pada Sabtu mendatang," katanya.

Untuk mendapatkan formulir A5, warga terpaksa mengantre. Petugas KPU, yang berada di pintu masuk kantor, memanggil nomor urut warga untuk menyerahkan berkas. Di dalam kantor, lima petugas KPU melayani warga sembari memberi arahan tata cara pengisian formulir A5.

Komisioner KPU Kota Medan Nana Miranti mengatakan, pihaknya menutup pengurusan surat pindah memilih pada pukul 16.00 WIB.

"Pascapenutupan pukul 16.00 WIB, kami tidak melayani lagi permohonan formulir A5," katanya, kemarin.

Namun, Nana menambahkan, pihaknya masih tetap melayani pemilih yang mengajukan permohonan pindah memilih, berlaku bagi mereka yang sudah mengambil nomor antrean sebelum jadwal penutupan tersebut.

Halaman
123
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved