Kapolrestabes Medan: Kerahkan Seluruh Tenaga dan Pikiran untuk Pengamanan Pemilu

Kapolrestabe Medan Kombes Dadang Hartanto meminta jajaran kepolisian mencurahkan tenaga dan pikiran dalam penanganan Pemilu.

Kapolrestabes Medan: Kerahkan Seluruh Tenaga dan Pikiran untuk Pengamanan Pemilu
Tribun Medan/Sofyan Akbar
Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto saat memberikan imbauan kepada personel di Lapangan Pancing, Sabtu (13/4/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Sofyan Akbar

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kapolrestabe Medan Kombes Dadang Hartanto meminta jajaran kepolisian mencurahkan tenaga dan pikiran dalam pengamanan Pemilu.

"Saya minta ini rekan-rekan benar-benar perhatian, mencurahkan segala tenaga pikiran dan dedikasinya untuk melaksanakan pengamanan Pemilu ini. Kita berdoa semoga niat baik dan upaya usaha ikhtiar yang sudah kita bangun selama ini, nanti finalnya dapat berujung kepada kebaikan," katanya pada Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS yang digelar di Lapangan Astaka, Jalan Wiliam Iskandar Medan, Sabtu (13/4/2019).

Salah satu kegiatan yang penting, kata Kapolrestabes, adalah pengamanan tempat pemungutan suara (TPS).

Dadang mengatakan, langkah-langkah pencegahan juga telah dilakukan sebelum pelaksanaan pengamanan TPS, yaitu dengan melakukan patroli, baik patroli rutin maupun patroli gabungan TNI/Polri.

"Semua dilakukan agar pelaksanaan pengamanan Pemilu dapat berjalan dengan lancar dan hari ini kita melaksanakan pengecekan kesiapan pasukan pengamanan dan akan kita geser kepada titik tempat pelaksanaan kegiatan."

Baca: Ada Tas Mencurigakan di Jalan Melanthon Siregar, Ratusan Warga Menunggu Aksi Polisi

Baca: VIDEO: Tangan di Pinggang, Panglima dan Kapolri Sama-sama Ucap Ikrar

Baca: TPS Mobile Bakal Hadir di Semua Rumah Sakit, Permudah Pasien Berikan Hak Suara

 

"Tempat yang paling penting dan krusial dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019, yaitu tempat pemungutan suara sekaligus penghitungan suara. Kita tahu bahwa H-3 logistik dari Pemilu akan digeser di TPS. Oleh karena itu personel harus bergeser untuk mengamankan logistik tersebut sekaligus nanti berorientasi pada tempat -tempat pemungutan suara di TPS. Di mana yang menjadi tanggungjawab kita semua,"ujarnya.

Ia mengingatkan, sasaran pengamanan yang pertama adalah masalah logistik surat suara agar diamankan dengan baik.

"Jangan ada yang hilang dan rusak maupun dilakukan pencurian oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,"katanya.

Dikatakan Dadang Hartanto, kegiatan di TPS harus berjalan dengan lancar mulai dari pembukaan sampai nanti penutupan TPS hingga penghitungan dan dibawa kembali surat suara tersebut ke gudang penyimpanan dari PPS Ke PPK lanjut ke KPU.

"Ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita. Rekan-rekan harus memahami apa ancaman kerawanan yang terjadi di tempat tersebut. Diingatkan kembali bahwa pengamanan TPS ini merupakan rangkaian dari kegiatan kita mengamankan Pemilu Tahun 2019. Kita mendapatkan kekuatan dua Kompi dari Brimob dan TNI sebanyak 330 personel. Semuanya akan ditempatkan untuk melakukan kegiatan di tempat-tempat Pemilu yang sudah diatur dengan sistem pengamanan secara teknis," terangnya. (akb/tribun-medan.com)

Penulis: Sofyan Akbar
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved