Lakukan Simulasi Pencoblosan Pemilu KPU Pematangsiantar Akui Anggota KPPS Masih Canggung dan Grogi

Simulasi yang dilaksanakan di lapangan Farel Pasaribu ini menghadirkan tujuh Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Lakukan Simulasi Pencoblosan Pemilu KPU Pematangsiantar Akui Anggota KPPS Masih Canggung dan Grogi
TRIBUN MEDAN/Tommy Simatupang
Lakukan Simulasi Pencoblosan Pemilu KPU Pematangsiantar Akui Anggota KPPS Masih Canggung dan Grogi. Masyarakat mengikuti simulasi pencoblosan di TPS empat di Kelurahan Suka Makmur, Kecamatan Siantar Selatan, Rabu (13/4/2019). 

Lakukan Simulasi Pencoblosan Pemilu KPU Pematangsiantar Akui Anggota KPPS Masih Canggung dan Grogi

TRIBUN-MEDAN.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar menggelar simulai pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) empat di Kelurahan Suka Makmur, Kecamatan Siantar Selatan, Rabu (13/4/2019).

Simulasi yang dilaksanakan di lapangan Farel Pasaribu ini menghadirkan tujuh Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Amatan tribun-medan.com, petugas KPPS tampak canggung dan grogi ketika menjalankan tugas seperti menghitung surat suara, logisitik, dan mecocokkan data pemilih.

Kondisi ini membuat proses berjalan dengan lama. Tampak satu pemilih harus menghabiskan waktu cukup lama.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pematangsiantar, Gina Ruthefefiliana Ginting mengakui hal itu.

Namun, menurutnya, hingga saat ini belum ditemukan kendala yang begitu berarti.

"Karena ini simulasi, KPPS kita sedikit grogi ya. Sejauh ini kendala belum kita temui. Tapi memang pada awal TPS dibuka, KPPS memerlukan waktu yang relatif lama dalam penghitungan logistik,"katanya.

H-4 Pilpres 2019, Beginilah Hasil Survei Prabowo-Sandi dan Jokowi-Maruf di Berbagai Lembaga Survei

Video Ahmad Dhani Berkelahi dengan Jaksa Beredar di Twitter

Unit Reskrim Polsek Kota Kisaran Amankan Pembeli dan Penjual Sabusabu Sekaligus

Nilai Hasil Test UTBK jadi Patokan Program Studi yang Boleh Diambil di Kampus USU

Dikatakan Gina, simulasi yang dilaksanakan oleh KPU Pematangsiantar ini sama persis dengan kondisi pada pemiku nanti. Pada simulasi ini mengundang 280 pemilih dari daftar pemilih tetap.

"Simulasi digelar dengan mengundang 280 pemilih di Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dipakai untuk simulasi ini. Sebanyak 280 pemilih yang terlibat adalah warga sekitar. Logistiknya sudah menyesuaikan. TPS juga di-setting sesuai keadaan ril seperti pada hari pencoblosan,"ujarnya

Halaman
12
Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved