Edukasi Masyarakat, Animal Lovers Medan Gelar Kontes Ular Piton

Berbagai jenis piton yang dipamerkan menarik perhatian para pengunjung Plaza, acara ini terbuka untuk para pemilik piton dengan berbagai jenis.

Edukasi Masyarakat, Animal Lovers Medan Gelar Kontes Ular Piton
TRIBUN MEDAN/GITA NADIA PUTRI br TARIGAN
Pengunjung berfoto dengan ular piton dalam acara Medan Phyton Contest 2019 yang dilaksanakan oleh komunitas Animal Lovers Medan (ALM) dan komunitas pencinta hewan lainnya. Minggu, (14/4/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com - Animal Lovers Medan kembali hadirkan Medan Phyton Contest 2019, kegiatan ini dilaksanakan guna memberi edukasi kepada masyarakat tentang jenis-jenis piton yang ada di Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan di Plaza Medan Fair, Jalan Gatoto Subroto ini dimeriahkan oleh berbagai komunitas pecinta hewan di Sumatera.

Sejak pukul 10 pagi, terlihat antusias para peserta di meja registrasi yang sudah dipenuhi antrian, berbagai jenis piton yang dipamerkan menarik perhatian para pengunjung Plaza, acara ini terbuka untuk para pemilik piton dengan berbagai jenis.

"Kegiatan kompetisi di kelas paytern yang jenis ularnya besar-besar, selain kompetisi, kegiatan ini untuk ngumpul bareng, dengan beberapa komunitas di Sumatera Utara, ada dari Aceh, Binjai, Padang juta ada,"tutur, Ketua Animal Lovers Medan, Arie Prayoga, Minggu (14/4/2019).

Setiap tahunnya Animal Lovers Medan menghadirkan tema kontes yang berbeda.

"Ini sudah yang ketiga kali dilaksanakan, dan tema tahun ini mini kontes, kalau tahun sebelumnya kita mengkombinasikan semua hewan ada seperti kontes musang, reptil dan lainnya, kali ini kita khusus jenis ular piton," tuturnya.

Jenis piton yang paling banyak diperlobakan di kelas ular sawah, namun terdapat 10 kelas yang ikut berkompetisi seperti Open Retic normal kurang atau lebih dari 1,5 meter, Albino, Sunfire, Playtynum, Motley, Dipong, Morph, hingga Piton Jumbo.

"Kita nengok dari peminat reptil dikota Medan ini sangat banyak, supaya rame yang ikut, kita buat wadahnya, hasilnya semua jenis piton di Medan keluar semua," katanya.

Sebanyak 60 peserta dengan berbagai jenis piton ikut meramaikan kontes ini, mulai ukuran paling kecil hingga paling besar, warnanya juga beragam ada hijau, kuning, hitam, coklat hingga corak campuran 2 sampai 3 warna.

"Untuk jenis pitonnya ada 6 dan di lima kategori ada perbedaan ukuran panjang dan perbedaan gen," tuturnya.

Juri yang dihadirkan juga bukan main, ada Venoms Reptile dari Bali, Tobie Wagleri, Worenpats dari Pekan Baru, Sait Reza, dan Nuri Shinzi Nakano dari Bukit Tinggi.

" Kategori Penilaiannya kita lihat dari kesehatan, perawatan, dan lainnya," tuturnya

Para pengunjung juga dibebaskan menyentuh ular dan berfoto bersama, pengunjung yang hadir juga diberi edukasi bahwa begitu ragamnya ular piton di Indonesia.

"Insyaallah even ini akan terus berkelanjutan dan semangat semoga saja penghobi hewan di Sumatera Utara semakin banyak," tuturnya.

(cr21/tribun-medan.com)

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved