Kasasi Rektor UMSU Ditolak MA, Dua Mahasiswa Hat-trick Kalahkan UMSU di Tiga Tingkat Peradilan

Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Agussani.

Kasasi Rektor UMSU Ditolak MA, Dua Mahasiswa Hat-trick Kalahkan UMSU di Tiga Tingkat Peradilan
Tribun Medan/ Array
Rektor UMSU, Drs Agussani MAP saat memberikan penjelasan menyangkut visi dan misi UMSU guna meraih gelar akreditasi A di hadapan sejumlah jurnalis, Jumat (30/9/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Victory Arrival Hutauruk

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Agussani.

Penelusuran Tribun Medan melalui website https://kepaniteraan.mahkamahagung.go.id/perkara/ bahwa Majelis Hakim MA yang diketuai Is Sudaryono bersama hakim anggota Hary Djatmiko dan Supandi memnutuskan perkara ini pada 14 Februari 2019 lalu.

Dengan putusan ini maka dua mahasiswa Fakultas Teknik UMSU, M Fachri Zendrato dan M Juhri Sipayung, mencatatkan hat-trick mengalahkan pihak rektorat di tiga tingkat pengadilan, yaitu Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) pada 11 Mei 2018, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN), dan Mahkamah Agung.

Dalam putusan PTUN, disebutkan mengabulkan gugatan penggugat (mahasiswa) seluruhnya. Kemudian membatalkan surat tentang skorsing kedua mahasiswa, Fachri dan Juhri. Dan, ketiga memerintahkan tergugat untuk mencabut surat skorsing kedua mahasiswa tersebut.

Adapun putusan dari PTTUN menguatkan putusan sebelumnya yang dikeluarkan PTUN Medan.

Kuasa Hukum dua mahasiswa UMSU, Aidil A Aditya, bersyukur akhirnya kasus diskriminasi terhadap kliennya berkekuatan hukum tetap (inkrah)

"Setelah banding ditolak, lalu mereka kasasi, dan ternyata kalah lagi. Pertama kita pastinya bersyukur karena kasasi mereka ditolak Kita akan minta supaya mahasiswa itu bisa kembali lagi di bangku kuliah," kata Aidil kepada Tribun, Minggu (14/4/2019).

Baca: Gara-gara Skorsing Dua Mahasiswa, Rektor UMSU Digugat ke PTUN Medan

Baca: LBH Desak Rektor UMSU Cabut Skorsing Dua Tahun Bagi Mahasiswa

Menurut dia, seharusnya pihak rektorat segera merealisasikan putusan dari Mahkamah Agung. Karena dalam sistem peradilan di Indonesia, putusan tingkat kasasi bersifat final.

"Nah kita harapkan rektor mematuhi putusan kasasi ini karena sudah putusan final dan sudah kekuatan hukum tetap. Pastinya segera pihak rektorat menjalankan putusan kasasi ini. Kalaupun mereka nanti lakukan PK, ya mereka (Rektor) harus tetap dijalankan, kalau mereka taat hukum," tuturnya.

Halaman
123
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved