Persiapan PraPON 2019, Ini yang Dilakukan Tim Baseball Sumut

Skuat bisbol Sumut yang akan berangkat ke PraPon memang masih akan dilakukan pengerucutan.

Persiapan PraPON 2019, Ini yang Dilakukan Tim Baseball Sumut
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Tim bisbol Sumut saat menggelar latihan games. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Tim baseball (bisbol) Sumatera Utara (Sumut) melakukan latihan rutin di lapangan Rimbawan, Universitas Sumatera Utara (USU), Minggu (14/4/2019).

Di bawah asuhan pelatih Erwin Syahputra dan Tito Lubis, pemain-pemain yang jadi pelempar (pitcher) tampak melakukan teknik melempar bola (throwing).

Hasil lemparan bola tersebut kemudian ditangkap oleh penangkap (catcher) maupun dipukul oleh pitcher.

Kepada Tribun Medan, pelatih bisbol Sumut Tito Lubis mengatakan bahwa tim yang diasuhnya sudah rutin menjalani latihan. Jika pada hari Sabtu mereka rutin berlatih serangan (offense), maka pada hari Minggu adalah latihan games.

Seluruh teknik yang telah dilatih hari sebelumnya akan dipraktikkan langsung pada tes game di hari Minggu. Pada pemain di lapangan menerapkan strategi penyerangan yang nantinya akan dipergunakan dipertandingan sesungguhnya.

"Kalau hari Selasa latihan defense, hari kamis latihan teknik, Setiap hari Sabtu kita latihan serang, hari minggunya kita tes game untuk persiapan PraPON di bulan Juni nanti di Jakarta," jelasnya.

Saat ini lanjut Tito, skuat bisbol Sumut yang akan berangkat ke PraPon memang masih akan dilakukan pengerucutan. Tito menjelaskan saat ini skuat masih tim masih dihuni 150% anggota tim yang nantinya masih akan dilakukan pencoretan hingga mendapatkan 100% pemain yang akan diboyong ke PraPON.

"Ini posisi sekarang 150% ada 23 orang. Akan seleksi lagi ada pengerucutan pemain sampai berjumlah 15 orang," katanya.

Lebih lanjut Pelatih bisbol Sumut itu mengungkapkan, sebagai latihan awal usai pemanasan, biasanya mereka menggunakan alat bantu mesin pelontar bola (pitching mesin) untuk meningkatkan kemampuan pemukul di tim nya.

Jadi Sebelum melakukan praktik di lapangan, para pemain turut berlatih teknik pukulan (batting) dengan menggunakan alat pelontar bola (pitching machine). Tujuannya kata Tito, agar para atlet khususnya pemukul (batter) mampu mengantisipasi kecepatan lemparan dari pemain lawan nantinya di ajang PraPON.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved