Hari Pertama Penyebaran Kotak dan Bilik Suara di Binjai Fokus di 3 Kecamatan

KPU Binjai mulai menyebarkan alat kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu 2019, Senin (15/4/2019).

Hari Pertama Penyebaran Kotak dan Bilik Suara di Binjai Fokus di 3 Kecamatan
Tribun Medan/Dedy Kurniawan
Petugas mengangkut alat kelengkapan TPS yang ada di Kantor KPU Binjai untuk dibawa beberapa kecamatan, Senin (15/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - KPU Binjai mulai menyebarkan alat kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu 2019, Senin (15/4/2019).

Logistik dan kelengkapan yang dikirim yakni lima jenis kotak suara untuk Pilres, DPD, DPR RI, DPR Provinsi serta DPRD Kabupaten/kota dan empat bilik suara.

Ketua KPU Binjai Zulfan Efendi mengatakan, pembagian hari pertama ini akan difokuskan ke tiga kecamatan, yakni Binjai Utara sebanyak sembilan kelurahan, Binjai Timur tujuh kelurahan, dan Binjai Barat enam kelurahan.

"Sedangkan esok harinya rencana akan dikirim ke Binjai Kota sebanyak tujuh kelurahan dan Binjai Selatan sebanyak delapan kelurahan," katanya.

Baca: Bawaslu Binjai Investigasi Dugaan ASN Kampanyekan Anak Wali Kota yang Maju Caleg DPRD Sumut

Baca: Urus Form A5, Dokter-dokter Muda Berbondong-bondong Datangi KPU Binjai

Baca: Presiden Jokowi Masuk ke Dalam Kabah, Putra Mahkota Arab Sebut Indonesia Beruntung Punya Jokowi

Zulfan Efendi menambahkan, pihaknya telah melakukan rapat pleno karena terjadi perubahan jumlah pemilih di Kota Binjai setelah adanya putusan MK terbaru. Hal ini terkait, perpanjangan waktu untuk warga yang dibolehkan mengurus Formulir A5 syarat memilih bagi yang pindah kerja, sakit, terdampak bencana alam, dan warga binaan Lembag Pemasyarakatan.

Dijelaskan Zulfan, sejak ada putusan MK, hingga 10 April 2019 terdapat tambahan pemilih yang masuk DPT Binjai, dan ada juga yang keluar dari DPT Binjai. Jumlah terbanyak yang masuk dan keluar DPT mengurus A5 karena alasan pindah kerja.

"Itu ada 851 yang keluar mengurus A5, yang masuk ada 763. Yang pasca putusan MK jumlahnya berbeda, tapi sudah masuk di situ juga," katanya usai rapat pleno.

Adapun rincian sesuai jenis kelamin yang masuk menjadi DPT Binjai memakai A5, yakni laki-laki berjumlah 609, perempuan berjumlah 154 orang. Alhasil, jumlah Daftar Pemilih Tetap terjadi perubahan seminggu jelang pencoblosan 17 April 2019 mendatang.

Zulfan memaparkan, jumlah DPT Binjai adalah 190.945, dan DPTB masuk melalui form A5 teranyar berjumlah 763, sehingga ditotalkan menjadi 191.708. Lantaran ada DPTB yang keluar pakai A5, maka 191.708 dikurangi 851.

"Jadi rumusnya, DPT ditambah DPTB masuk dikurangi DPTB keluar. Sehingga total akhir DPTB pasca putusan MK adalah 190.857," pungkasnya. (dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved