Inilah 3 Kasus ‘Serangan Fajar’ Bernilai Ratusan Juta di Sumut, Diawali Wabup Paluta

Selama masa tenang Pemilu 2019 hingga Selasa (16/4/2019), setidaknya tiga kasus dugaan money politics atau politik uang di Sumatera Utara terbongkar.

Inilah 3 Kasus ‘Serangan Fajar’ Bernilai Ratusan Juta di Sumut, Diawali Wabup Paluta
TRIBUN MEDAN/M ANDIMAZ
Polres Tapsel saat memaparkan kasus money politic yang diduga dilakukan caleg Partai Gerindra untuk DPRD Paluta, Masdoripa Siregar, di Mapolres Tapanuli Selatan, Senin (15/4/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Selama masa tenang Pemilu 2019 hingga Selasa (16/4/2019), setidaknya tiga kasus dugaan money politics atau politik uang di Sumatera Utara terbongkar ke publik.

Kasus-kasus itu terjadi di kabupaten berbeda, yakni Padang Lawas Utara (Paluta), Karo, dan Nias.

Ada kesamaan dari ketiga kasus bagi-bagi uang kepada masyarakat tersebut. Yakni sama-sama ditujukan untuk pemenangan caleg dari Partai Gerindra.

Baca: Mabes Polri Sebut Wakil Bupati Paluta Hariro Harahap Resmi Tersangka Money Politics

Baca: Polres Karo Tangkap Dua Caleg Partai Gerindra Pelaku Money Politics dan Amankan Uang Ratusan Juta

Baca: Caleg Terduga Money Politics Tercatat Sebagai Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Sandi Se-Kepulauan Nias

Polisi mengamankan uang senilai ratusan juta rupiah dari ketiga kasus tersebut. Terbesar dari Kabupaten Tanah Karo yang mencapai Rp 200 juta lebih.

Inilah tiga kasus dugaan money politics di Sumut:

1. Padang Lawas Utar (Paluta)

Kasus money politics di Paluta ini menghebohkan masyarakat Sumut. Pasalnya, satu di antara pelaku adalah Wakil Bupati Hariro Hararap.

Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP Irwa Zaini Adib mengatakan, money politics di Paluta terbongkar pada Senin (15/4/2019) sekitar pukul 02.00 WIB.

Petugas menghentikan sebuah mobil Kijang dan melakukan pemeriksaan. Hasilnya, ditemukan 87 lembar amplop berisi uang Rp 43,4 juta.

Polisi menggerebek rumah di Jalan S.M Raja Lingkungan I Partimbakoan Kelurahan Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak.
Polisi menggerebek rumah di Jalan S.M Raja Lingkungan I Partimbakoan Kelurahan Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak. (HO)

Petugas pun menangkap empat orang yang berada di mobil tersebut. Keempatnya atas nama Sabaruddin Harahap, Mual Harahap, Fakih Harahap, dan Rijal Harahap.

Halaman
1234
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved