16 Atlet Wushu Sumut Masuk Pelatda untuk Persiapan Kejuaraan Nasional

Kejuaraan nasional wushu menjadi ajang PraPON untuk memperebutkan tiket lolos menuju PON Papua tahun depan.

16 Atlet Wushu Sumut Masuk Pelatda untuk Persiapan Kejuaraan Nasional
Tribun Medan/Chandra Simarmata
Atlet Wushu bersama pengurus WI Sumut usai Kejuaraan Daerah yang digelar bulan Maret lalu di Sekolah Cinta Budaya Jl Willem Iskandar Kompleks MMTC Medan Estate. 

TRIBUN-MEDAN.com - Pengurus Provinsi (Pengprov) Wushu Indonesia Sumut melakukan pemusatan latihan daerah (Pelatda) bagi 11 atlet Taolu dan 15 atlet Sanda sebagai persiapan mengikuti Kejurnas bulan Juni mendatang di Bangka.

Kejuaraan nasional tersebut juga menjadi ajang PraPON untuk memperebutkan tiket lolos menuju PON Papua tahun depan.

Sekretaris Umum Pengprov WI Sumut, Heryanto menyebutkan, sebelas atlet Taolu (seni Wushu) yang masuk dalam pelatda WI Sumut adalah Harris Horatius, Nicholas, Juwita niza wasni, Fredy, Kenny, Marcus, Helena Horatius, Risky Wahyudi, Wilbert Sanjaya, Dessy Indri Astuti, Dwi Arimbi, dan Rizky facrina Sari.

Sedangkan 15 atlet Sanda yang masuk pelatda yakni Brando Mamana Simanjorang (kelas 48 kg putra), Franstitus Tarigan (52 kg putra), Manuel Siahaan (56 kg putra), Ryan Jefri Lumbanbatu (60 kg putra), Samuel Marbun (65 kg putra), Roberto Manik (70 kg putra).

Kemudian ada Junando Simorangkir (75 kg putra), Ema Surbina Br Purba (48 kg putri), Denni Liza Br Ginting (52 kg putri), Elika Br Tarigan (56 kg putri), Desy Ratnawaty Sagala (60 kg putri), Jeka Asparido Saragih (75 kg putra). Atlet-atlet ini merupakan hasil seleksi dari Kejurda gnag digelar pengprov WI Sumut sebelumnya.

Sedangkan tiga atlet sanda lainnya merupakan atlet yang saat ini juga dipanggil Pelatnas yakni Yulia Nengsih (60 kg putri), Rosalina Simanjuntak (52 kg Putri), dan Adi Manurung (56 kg putra).

"Untuk pelatih ada tiga, dua pelatih PSE yakni Salwi Simbolon dan Neri Agus Manulang. Satu lagi pelatih asing namanya Feng Yin Bao," ujar Heryanto , Rabu (17/4/2019).

Heryanto menjelaskan, pada kejurnas bulan Juni mendatang untuk 11 atlet Taolu yang sudah masuk pelatda menjadi atlet yang akan dikirimkan nantinya ke Kejurnas.

Namun untuk nomor Sanda, kata Heryanto, dari 15 atlet yang masuk pelatda saat ini hanya 11 atlet yang akan dikirimkan mengikuti Kejurnas. Karena itu saat ini baru tujuh yang dipastikan akan langsung dikirimkan ke Kejurnas.

Sedangkan empat lainnya untuk kelas 60 kg putri, 52 kg putri, 56 kg putra, dan 75 kg putra masih harus menunggu seleksi lanjutan dengan satu atlet tambahan dan 3 atlet pelatnas yang memiliki kelas yang sama. Hal ini dikarenakan hanya satu atlet sanda yang dapat dikirimkan perkelasnya. Sehingga nantinya total ada 22 atlet yang dikirimkan ke kejurnas wushu di Bangka.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved