Boro-boro Akui Jokowi-Ma'ruf Menang Hitung Cepat, Prabowo Justru Curigai Lembaga Survei

Calon Presiden 02 Prabowo Subianto mencurigai lembaga survei yang memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Boro-boro Akui Jokowi-Ma'ruf Menang Hitung Cepat, Prabowo Justru Curigai Lembaga Survei
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Calon Presiden no urut 02, Prabowo Subianto menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di TPS 041, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/04/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Calon Presiden 02 Prabowo Subianto mencurigai lembaga survei yang memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Badan Pemenangan Nasional (BPN)  justru mempercayai hasil exit poll dan hitung cepat dari internal yang memenangkan pasangan Prabowo-Sandi.

"Hasil exit poll kita di 5.000 TPS menunjukkan bahwa kita menang, 55,4 persen. dan hasil quick count 52,2 persen. Mohon untuk semua relawan untuk mengawal kemenangan kita di semua TPS dan Kecamatan," kata Prabowo Subianto saat menggelar jumpa pers di Media Center Prabowo-Sandiaga, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019)

Prabowo juga menegaskan kepada para pendukungnya untuk tidak mempercayai hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang dinilai dipakai untuk menggiring opini kalau pihaknya telah kalah.

"Saya tegaskan pada rakyat Indonesia. Ada lembaga survei tertentu yang diketahui memang sudah kerja untuk satu pihak. Untuk menggiring opini seolah-oleh kita kalah," kata Prabowo.

Hasil gambar untuk jokowi coblos
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana usai melaksanakan hak pilih di TPS 008 Gambir, Jakarta Pusat, Rabu, 17 April 2019. (Foto: AP)

Sikap Prabowo yang tidak mengakui kemenangan pasangan Jokowi-Ma'ruf berdasarkan hasil lembaga meminta kepada para pendukungnya agar jangan lengah dan tidak terpancing untuk melakukan tindakan anarkis.

"Jangan terpancing dan terus awasi TPS. Amankan C1 dan jaga di kecamatan, jangan lengah. Saya menghimbau semua pendukung untuk tetap tenang dan tidak terpancing melakukan tindakan anarkis," katanya.

Percaya Exit Poll Internal BPN

Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tampaknya tidak terima dengan kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Pasalnya saat hampir seluruh lembaga survei yang dianggap kredibel melalui hasil hitung cepat atau quick count memperlihatkan pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul rata-rata diatas 53 persen.

Halaman
123
Penulis: Fahrizal Fahmi Daulay
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved