Konsumsi BBM dan LPG Sumbagut Meningkat selama Pemilu

Peningkatan konsumsi BBM dan LPG di wilayah Sumbagut karena momen Pemilu bertepatan dengan hari libur.

Konsumsi BBM dan LPG Sumbagut Meningkat selama Pemilu
TRIBUN MEDAN
Foto Ilustrasi: Petugas mengisi BBM di SPBU coco di Jalan Putri Hijau, Medan, Sumatra Utara, Minggu (10/2/2019). TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Masih dalam rangka semangat pelaksanaan Pemilu 2019, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I melaksanakan pengamanan pasokan BBM dan LPG melalui Satuan Tugas (Satgas) Pemilu 2019. Selama periode Pemilu 2019, terjadi peningkatan konsumsi BBM sebanyak 2,4 persen dan LPG sebanyak 2 persen.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I, Roby Hervindo, mengatakan terdapat peningkatan konsumsi BBM dan LPG di wilayah Sumbagut karena momen Pemilu bertepatan dengan hari libur pada pekan ini sehingga menjadi ajang berkumpul bersama keluarga.

Realisasi rata-rata harian BBM untuk wilayah Sumbagut sebanyak 20,8 ribu KL, meningkat sebanyak 2,4 persen bila dibandingkan dengan bulan Maret 2019.

“Sehari setelah Pemilu, dalam pantauan kami pasokan BBM aman. Konsumsi Pertamax sebanyak 852 KL atau naik sebanyak 22 persen dibandingkan dengan Daily Objective Throughput (DOT) sebanyak 697 KL untuk di wilayah MOR I,” ujar Roby, Kamis (18/4/2019).

Ia menjelaskan realisasi rata-rata harian untuk produk-produk gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo) meningkat sebanyak 2,9 persen.

Sedangkan untuk produk-produk gasoil (Solar, Dexlite dan Pertamina Dex) terjadi peningkatan sebanyak 1,6 persen.

Pada penyaluran LPG, tambahan sebanyak rata-rata 4 persen dari pasokan normal telah disiapkan Pertamina MOR I untuk mengantisipasi lonjakan peningkatan konsumsi LPG. Pada periode pemilu ini, terjadi peningkatan 2 persen bila dibandingkan dengan bulan Maret 2019.

“Peningkatan konsumsi LPG di hunian maupun rumah makan terjadi berkat masyarakat yang berkumpul bersama keluarga pada saat Pemilu serta hari libur pada pekan ini,” kata Roby.

Ia mengatakan pada tanggal 18 Februari 2019, Pertamina telah membentuk Satgas Pemilu untuk memastikan keamanan dalam produksi hingga proses distribusi produk-produk Pertamina kepada Masyarakat.

Dalam pelaksanaan Satgas Pemilu ini, Pertamina juga berkoordinasi dengan TNI dan Polri, sehingga keamanan pasokan BBM dan LPG di seluruh wilayah Indonesia menjadi lebih terjamin.

"Pertamina terbuka akan laporan, masukan, dan saran dari konsumen. Jika masyarakat membutuhkan informasi seputar produk Pertamina seperti BBM, LPG, dan Pelumas, dapat menghubungi Call Center Pertamina 135 ataupun e-mail pcc@pertamina.com," ucapnya.

(nat/tribun-medan.com)

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved