Advertorial

Perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2563 B.E./2019 di Vihara Borobudur

Purnama Siddhi di bulan Waisak telah tiba, seluruh umat Buddha mengenang dan merenungkan kembali makna spritual

Perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2563 B.E./2019 di Vihara Borobudur
TRIBUN MEDAN/HO
Suasana Prosesi Lilin pada Perayaan Waisak 2562 B.E./2018 di Vihara Borobudur. 

MEDAN.TRIBUNNEWS.com, MEDAN - Purnama Siddhi di bulan Waisak telah tiba, seluruh umat Buddha mengenang dan merenungkan kembali makna spritual dengan semangat yang dikandung dalam tiga peristiwa agung, yaitu Kelahiran Pangeran Siddhartha Gautama di Lumbini, tercapainya Penerangan Sempurna di bawah pohon Bodhi di hutan Gaya, dan Parinirwana Buddha Gautama di Kusinara.

Ketiga peristiwa penting ini semuanya terjadi pada bulan Purnama di bulan Waisak, yang merupakan bulan ke-5 sistem penanggalan pada masa Buddha Gautama. Pada masa ini, Hari Waisak dirayakan oleh umat Buddha di Indonesia saat bulan Purnama di bulan Mei, dan hal ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Persaudaraan Muda-Mudi Vihara Borobudur (PMVB) Medan.

Perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2563 B.E. / 2019 di Vihara Borubudur ini, mengambil tema “Mencintai Tanah Air Indonesia”.

Seiring dengan momentum waisak tersebut, Vihara Borobudur mengadakan serangkaian Puja Bhakti selama 3 (tiga) hari berturut-turut. Selain itu juga diadakan Prosesi Lilin, Dhammadesana, Puja Malam Waisaka, San Pu I Pai, Pengguyuran Buddha Rupang, Visudhi, dan Pemasangan Pelita.

Tujuan pemasangan pelita untuk mengajak umat Buddha agar senantiasa mawas diri dan berada di jalan yang benar dengan Dhamma sebagai Pelita dan Sumber Penerangan. Dengan demikian niscaya segala berkah kebaikan, kedamaian dan kebahagiaan akan menyertai kita semua, dan juga mendoakan keselamatan dan kemakmuran bagi bangsa dan negara agar terbebas dari segala musibah dan bencana.

Salah satu rangkaian acara Waisak adalah Visudhi Trisarana (pernyataan berlindung pada Buddha, Dhamma, dan Sangha) dan Upasaka/Upasika (pengambilan lima sila) yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Mei 2019, pukul 12.00 WIB. Bagi umat yang hendak melakukan Visudhi, dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir pendaftarannya di Vihara Borobudur. Pendaftaran Visudhi paling lambat pada tanggal 19 Mei 2019.

Serangkaian Acara Puja Bhakti dan Pemasangan Pelita akan dilaksanakan mulai hari Jumat, 17 Mei 2019 sampai dengan Minggu, 19 Mei 2019, dan selama acara berlangsung panitia juga menyediakan makanan vegetarian.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Rangkaian Puja Bhakti, Visudhi Trisarana dan Pemasangan Pelita dapat menghubungi Sekretariat Vihara Borobudur (061-4528515).

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved