Prihatin dengan Sampah Plastik, Wanita Ini Buat Pasta Gigi Organik dan Deodoran Sendiri

Keprihatinan. Inilah yang mendasari Wulantri Oktaviani Russell (28) atau biasa dikenal dengan Wulan Russell menjalani pola hidup ramah lingkungan

Prihatin dengan Sampah Plastik, Wanita Ini Buat Pasta Gigi Organik dan Deodoran Sendiri
Wulantri Oktaviani Russell
Wulantri Oktaviani Russell (28) membuat beberapa produk rumah tangga dari bahan-bahan alami yang ramah lingkungan, seperti pasta gigi, detergen, dan deodoran. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Keprihatinan. Inilah yang mendasari Wulantri Oktaviani Russell (28) atau biasa dikenal dengan Wulan Russell menjalani pola hidup ramah lingkungan. Salah satunya mereduksi sampah rumah tangga.

Keprihatinan ini berawal dari aktivitas Wulan yang merupakan seorang penyelam. 

Menurut dia, berbagai sampah plastik banyak ditemukan di laut, terutama yang berasal dari barang kebutuhan rumah tangga seperti bekas pasta gigi, deterjen, sabun, deodoran, dan lain-lain.

Sejak 4 tahun lalu, ia mulai membuat produk-produk yang ramah lingkungan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan cara ini, Wulan ingin agar lingkungan tak semakin tercemar oleh limbah dari produk-produk rumah tangga.

"Semenjak Indonesia menempati rangking nomor dua di dunia setelah China sebagai penyumbang sampah plastik di dunia, saya sedih, apalagi saya penyelam. Dua tahun terkahir saya menyelam, beda seperti kondisi 10 tahun lalu ketika saya menyelam," ujar Wulan seperti yang dikutip Kompas.com pada Senin (29/4/2019).

"Terakhir saya menyelam, saya lihat banyak sampah rumahan dan kebanyakan dari kamar mandi, seperti detergent, sabun, pasta gigi, dan lainnya," ujar ibu satu anak ini.

Wulan pun berbagi cara membuat pasta gigi yang ramah lingkungan.

Video "Tutorial Membuat Pasta Gigi yang Ramah Lingkungan" yang diunggah melalui akun Youtube-nya, Sabtu (27/4/2019), hingga kini sudah ditonton hampir 1.000 kali dan mendapatkan respons positif serta dibagi ulang di berbagai platform media sosial.

Halaman
123
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved