Cara Sehat Cegah Kematian Dini, Bergerak Lebih Sering

Peningkatan tersebut terjadi sebesar tiga persen setelah melakukan latihan interval intensitas tinggi selama dua kali seminggu.

Cara Sehat Cegah Kematian Dini, Bergerak Lebih Sering
Shutterstock
Ilustrasi joging. 

TRIBUN-MEDAN.com-Kebugaran seseorang seringkali diukur dari tingkat VO2 max-nya. VO2 max adalah volume maksimal oksigen yang diproses oleh tubuh pada saat melakukan kegiatan yang intensif.

Riset sebelumnya mendapati, seorang pelari terlatih pun dapat meningkatkan oksigen maksimal (VO2 max), yang merupakan tolak ukur kebugaran kardio.

Peningkatan tersebut terjadi sebesar tiga persen setelah melakukan latihan interval intensitas tinggi selama dua kali seminggu.

Kini, riset baru menunjukan peningkatan oksigen maksimal akan membuat kinerja kita dalam berolahraga semakin tinggi. Uniknya, hal ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung serta kematian dini sebesar tiga persen.

Kabar baiknya lagi, risiko kematian dini dan perlindungan terhadap penyakit akan mudah kita dapatkan hanya dengan meningkatkan gerak tubuh tanpa harus melakukan latihan interval yang berat.

Hal ini dibuktikan lewat riset yang dilakukan para peneliti Swedia yang mengamati kebugaran kardiovaskular pada orang sehat.

Periset menemukan, peningkatan olahraga dan tingkat kebugaran dapat memperbaiki harapan hidup, tidak peduli berapa usia atau tingkat kebugaran kita saat ini.

Riset  dilakukan dengan memeriksa data kardiovaskular dan kematian yang disebabkan apapun pada 316.137 orang dewasa berusia 18 hingga 74 tahun.

Semua peserta tersebut telah menjalani pemeriksaan kesehatan, termasuk tes tingkat oksigen maksimal saat olahraga bersepeda pada tahun 1995 dan 2015.

Hasilnya, setiap peningkatan oksigen maksimal dapat menurunkan risiko kematian karena berbagai penyebab sebesar 2,8 persen.

Halaman
123
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved