Instruksi Bupati Ashari, sebelum Bulan Juli ASN Wajib Ikut Pemeriksaan Urine

Togar Panjaitan mengatakan karena telah dikeluarkannya Surat Edaran dari Bupati maka hal itu wajib untuk dilaksanakan.

Instruksi Bupati Ashari, sebelum Bulan Juli ASN Wajib Ikut Pemeriksaan Urine
TRIBUN MEDAN/HO
Bupati Deliserdang Ashari Tambunan. 

TRIBUN-MEDAN.com - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemkab Deliserdang diwajibkan untuk mengikuti tes pemeriksaan urine dalam waktu dekat.

Hal ini merupakan perintah langsung dari Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan sesuai dengan isi dari Surat Edaran yang dikeluarkannya nomor 354/950 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkotika (P4GN) di Kabupaten Deliserdang.

Surat edaran ini telah dikirimkan ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk juga kepada Kepala Bagian Sekretariat dan Camat se Kabupaten Deliserdang.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemkab Deliserdang, Togar Panjaitan mengatakan karena telah dikeluarkannya Surat Edaran dari Bupati maka hal itu wajib untuk dilaksanakan.

Disebut Bupati telah memberi batas waktu kepada masing-masing instansi paling lama waktu untuk penyerahannya hasilnya pada akhir Juni 2019. Diketahui kalau surat edaran tersebut dikeluarkan pada 18 Maret 2019.

"Pak Bupati meminta kepada semuanya untuk melaksanakan program P4GN berupa sosialisasi dan tes urine bagi seluruh pegawai di masing-masing organisasi yang dalam pelaksanaannya berkoordinasi dengan BNN. Untuk laporan hasil pelaksanaan kegiatan tersebut disuruh untuk disampaikan kepada Bupati Deliserdang c/q Kepala Kesbangpol selamatbat-lambatnya bulan Juni ini. Kalau untuk tehniknya pelaksanaannya tidak boleh diumumkan sama pegawainya. Dikumpulkan dulu baru kemudian BNN masuk dari pintu belakang," ujar Togar Panjaitan Selasa, (30/4/2019).

Untuk memantafkan pelaksanaan P4GN dan pemeriksaan urine terhadap seluruh ASN ini, Satuan Tugas (Satgas) P4GN yang dibentuk Pemkab Deliserdang pun melakukan rapat koordinasi di ruang aula Cendana Kantor Bupati Selasa pagi.

Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala BNN Deliserdang, AKBP Safwan Khayat. Disebut kalau rapat ini merupakan rapat triwulan pertama selama tahun 2019.

"Tujuan rapat ini untuk menyamakan persepsi membicarakan apa langkah kita kedepan. Kalau untuk sanksi pasti ada dari Pak Bupati, cumakan pasti dilihat dulu kasusnya seperti apa kenapa bisa positif. Yang jelas akan jadi pertimbanganlah untuk karir dan jabatan ASN," kata Togar.

Berdasarkan catatan Tribun, pemeriksaan urine sudah dilakukan oleh beberapa OPD pada tahun 2018.

Namun demikian pelaksanaannya masih belum dilakukan oleh keseluruhan. Hal ini bisa terjadi lantaran belum ada perintah langsung dari Bupati beda seperti sekarang ini dimana sudah ada dikeluarkan Surat Edaran.

Informasi lain di dapat, OPD belum merata melakukan kegiatan pemeriksaan urine kepada pegawainya lantaran belum semua menganggarkannya di APBD.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved