Obat Alternatif Diklaim Sembuhkan Luka Caesar Lebih Cepat, Ini Kata Dokter Kandungan

Ia memilih untuk menggunakan obat alternatif seharga Rp 1,2 juta untuk mempercepat proses penyembuhan lukanya usai operasi SC.

Obat Alternatif Diklaim Sembuhkan Luka Caesar Lebih Cepat, Ini Kata Dokter Kandungan
TRIBUN MEDAN/LISKA RAHAYU
Dokter ahli kandungan Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. dr. Makmur Sitepu, M.Ked (OG), SpOG(K) saat ditemui di Four Point Jalan Gatot Subroto, Senin (29/4/2019). 

TRIBUN-MEDAN.Com, MEDAN - Proses penyembuhan luka bekas operasi Sectio Caesarea (SC) atau Caesar cenderung memiliki penanganan khusus dan memakan waktu.

Untuk itu, beberapa pasien caesar memilih untuk menggunakan obat alternatif guna mempercepat proses pengeringan luka.

Misalnya saja Herawati Bukit (30), ia memilih untuk menggunakan obat alternatif seharga Rp 1,2 juta untuk mempercepat proses penyembuhan lukanya usai operasi SC.

Hasilnya, hanya dalam tiga hari saja ia mengaku lukanya sudah kering dan bebas bergerak kembali.

"Obat cina itu bagus, pemakaiannya satu hari sekali, sampai tiga kali kemarin. Setelah minum obat itu, langsung kering lukanya. Enggak berapa lama sudah kering, gerakannya pun langsung enak," ujar Herawati kepada Tribun Medan, Selasa (30/4/2019).

Obat tersebut diketahuinya dari mulut ke mulut dan orang-orang sekitar. Namun ia mengakui bahwa dokternya tidak menyarankan penggunaan obat tersebut.

Ia pun menjelaskan, selama mengonsumsi obat alternatif tersebut tidak boleh dicampur dengan obat yang diberikan oleh dokter.

"Harus itu aja, enggak boleh dicampur sama obat lain. Kalau dokter memang tidak menyarankan," jelasnya.

Sementara itu, ia mengatakan dokter menyarankan untuk mengonsumsi 10 butir telur dan ikan gabus untuk mempercepat proses penyembuhan. Namun, Hera mengaku tidak melakukannya sama sekali.

Pasien lainnya bernama Lani mengaku mengetahui obat alternatif tersebut. Kendati demikian, ia tidak mencoba mengonsumsinya. Alasannya karena khawatir akan kualitas ASI jika meminum obat-obatan.

Halaman
123
Penulis: Liska Rahayu
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved