Wajah Cantik atau Tubuh Indah, Mana yang Dipilih Pria Untuk Dijadikan Jodoh?

Para peneliti percaya perilaku ini mencerminkan bagaimana kita secara tidak sadar menilai potensi reproduksi jangka panjang wanita.

Wajah Cantik atau Tubuh Indah, Mana yang Dipilih Pria Untuk Dijadikan Jodoh?
Yoga Journal
Ilustrasi pasangan. 

TRIBUN-MEDAN.com-Fisik yang menarik merupakan subyek diskusi yang bisa memantik banyak hal. Namun, tak dipungkiri bahwa sebagian besar dari kita berharap memiliki pasangan yang secara fisik menarik.

Sayangnya, harapan sering tak terwujud dan kita biasanya berkompromi dengan memilih seseorang yang punya beberapa kriteria ideal yang membuat kita tertarik.

Secara umum memang pria sering membagi dua kriteria dalam mencari pasangan, yaitu wajah yang menarik atau tubuh seksi.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang pilihan tersebut, tim peneliti bidang psikologi membuat sebuah penelitian yang meminta sekelompok pria "mendesain" kriteria pasangan idaman untuk hubungan jangka panjang.

Hasil riset menemukan, pria lebih memilih wanita dengan wajah yang menarik daripada bentuk tubuh aduhai.

Riset ini dirancang oleh Carin Perilloix dari Southwestern University di Texas dan Jaime Cloud dari Western Oregon University.

Dalam riset ini, periset menerapkan sistem budget point atau mengalokasikan 250 point nilai untuk peserta pria dan wanita. Setiap peserta dihadapkan dengan daftar ciri-ciri fisik yang terkait wajah dan tubuh.

Setelah itu, peserta diminta memberikan poin untuk masing-masing ciri fisik dengan skala nol hinga 10, tergantung pada ciri fisik mana yang mereka sukai.

Baik untuk hubungan jangka pendek atau jangka panjang, peserta pria ternyata lebih memprioritaskan wajah yang menarik daripada fisik yang seksi.

Namun, hasil berbeda ketika peneliti memberi budget point lebih kecil pada peserta pria dan meminta mereka merancang pasangan untuk hubungan jangka pendek. Dalam kondisi ini, para pria lebih memilih tubuh yang menarik daripada wajah.

Halaman
12
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved