Peringatan Hardiknas, Bupati Dairi Eddy Berutu Janji Benahi Fasilitas Pendidikan hingga ke Pelosok

Generasi ini lebih cepat dan mudah menyerap informasi dan teknologi baru. Hal ini tentu mengkhawatirkan.

Peringatan Hardiknas, Bupati Dairi Eddy Berutu Janji Benahi Fasilitas Pendidikan hingga ke Pelosok
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Bupati Dairi Eddy Berutu didampingi istri Rommy Frida br Simarmata mengepalkan tangan ke udara usai dikalungkan bunga pada Peringatan Hardiknas Pemkab Dairi Tahun 2019, Kamis (2/5/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Bupati Dairi Eddy Berutu tampil sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Pemkab Dairi, Kamis (2/5/2019) di Lapangan Sudirman, Sidikalang.

Di balik balutan jas, celana panjang, dan sepatu warna hitam, lengkap dengan peci di kepala, Eddy membacakan amanat Mendikbud RI Muhadjir Effendi.

Menteri, sebagaimana dibacakan Eddy, mengatakan saat ini peserta didik didominasi oleh generasi 'Z', yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi.

Generasi ini lebih cepat dan mudah menyerap informasi dan teknologi baru. Hal ini tentu mengkhawatirkan.

Untuk itu, penguatan karakter anak agar cinta dan bangga terhadap tanah air harus dilakukan, agar memiliki rasa nasionalisme kuat dan berjiwa patriotik.

Upacara peringatan Hardiknas kemudian dilanjutkan dengan penampilan atraksi murid-murid dari sejumlah sekolah di Kecamatan Sidikalang, mulai dari PAUD, TK, hingga SMA, seperti tari-tarian, pidato Bahasa Inggris, fashion show, marching band, dan lain-lain.

Eddy yang ditemui Tribun Medan di sela-sela acara, berjanji akan semaksimal mungkin membenahi sarana dan prasarana pendidikan yang ada di Kabupaten Dairi, agar taraf pendidikan masyarakat meningkat, terutama di daerah terpencil.

"Hal itu merupakan tantangan bagi kita, karena ini penting bagaimana memastikan sarana-prasarana pendidikan yang ada di Dairi memadai, sehingga para siswa makin bersemangat mengenyam pendidikan," ujar Eddy.

Pembenahan, lanjut Eddy, tak hanya terhadap fasilitas seperti gedung sekolah, akses jalan, dan pendukung lainnya, tetapi juga terhadap kualitas tenaga pengajar dan sistem kurikulum.

Namun pembenahan itu agaknya belum bisa maksimal dilakukan pada tahun ini, mengingat APBD Kabupaten Dairi Tahun 2019 sudah diketok pada masa kepemimpinan Bupati Dairi sebelumnya, Johnny Sitohang.

"Nanti tahun 2020 baru bisa kita tentukan berapa porsi APBD untuk pengembangan sektor pendidikan, karena APBD 2019 sudah diketok," tandasnya.

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved