Puluhan Atlet Pelajar Ramaikan Danlanud Soewondo Archery Indoor Tournament 2019

Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Klub panahan Sakera Archery Club (SAC) kota Medan menggelar event Danlanud Soewondo Archery Indoor Tournament.

Puluhan Atlet Pelajar Ramaikan Danlanud Soewondo Archery Indoor Tournament 2019
Tribun Medan/Chandra Simarmata
Sejumlah atlet panahan saat mengikuti Danlanud Soewondo Archery Indoor Tournament 2019 di Gedung Andromeda Pangkalan TNI AU Sorwondo, Medan , kamis (2/5/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com - Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Klub panahan Sakera Archery Club (SAC) kota Medan menggelar event Danlanud Soewondo Archery Indoor Tournament 2019.

Kompetisi yang juga didukung Perpani kota Medan dan Komandan Lanud Soewondo, Kolonel Dirk Poltje Lengkey ini digelar di Gedung Andromeda Pangkalan TNI AU Sorwondo dan berakhir Kamis petang (2/5/2019).

Ketua pelaksana Robby Cahyadi mengatakan event tersebut diikuti 80 orang atlet muda yang masih berstatus pelajar SD, SMP, dan SMA. Selain itu, event tersebut juga mempertandingkan kategori umum dan bearbow eksekutif yang diikuti sekitar 20 tamu undangan, termasuk pejabat dijajaran Lanud Soewondo seperti Kadisops, dan Kadispers.

"Untuk standar bow diikuti pelajar kelas 1-3 SD, 4-6 SD, SMP, dan SMA. Para pelajar yang ikut berasal dari 9 klub yaitu SAC Lanud Soewondo, Yellow archery, Ulul ilmi Archery, Lunar archery, Harapan 3 archery, Bagi berkah archery, Bac o5, Alfitian archery dan Big FAM. Selain itu dipertandingkan juga kategori Recurve, umum, dan bearbow eksekutif untuk tamu-undangan," ujarnya.

Robby menjelaskan, tujuan kegiatan turnamen panahan ini selain untuk mengasah kemampuan atlet pelajar kota Medan yang ada di klub-klub juga untuk meningkatkan jam terbang. Dengan adanya kompetisi, para atlet akan tetap bersemangat berlatih dan meningkatkan kualitasnya agar ke depan mampu melangkah ke tingkat provinsi maupun nasional. Ke depan pihaknya juga berencana akan menggelar event lainnya secara berkelanjutan.

"Event ini juga digagas oleh Kadispers dan tim SAC Lanud Soewondo. Alhamdulillah berhasil bisa mencakup siswa. Yang datang ada dari Medan, Deliserdang, Tebing dan lainnya. Harapannya anak-anak bisa terus menambah skor yang tinggi," katanya.

Sementara itu, dalam wejangannya, Danlanud Soewondo, Kolonel Dirk Poltje Lengkey, yang diwakili Kepala Dinas Personel (Kadispers) Letkol Mula Efendi Gultom mengatakan olahraga memanah banyak memberikan manfaat bagi atletnya. Tak hanya kesehatan namun juga meningkatkan konsentrasi, fokus dan kesabaran.

"Juga membangun kepercayaan diri, menajamkan kemampuan sosial, meningkatkan kecerdasan, dan lainnya yang sangat baik ditanamkan bagi atlet sejak usia dini," imbuhnya.

Lebih lanjut kata Mula, pihaknya berharap dari event tersebut terjaring bibit-bibit usia dini yang nantinya dapat ikut pelatda PON 2024 Aceh-Sumut mendatang. Karena itu dia meminta agar para atlet muda terus dibina dan dikembangkan kemampuannya.

"Harapannya supaya cabor panahan bisa lebih cemerlang dalam meraih prestasi dan pastinya mengharumkan nama Sumut khususnya kota Medan di ajang yang lebih besar," katanya.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved