Bidik Medali Emas Porprov Sumut 2019, Pegulat Medan Lipin Sitorus Rajin Konsumsi Madu Usai Latihan

Aku targetnya medali emas. Karena Porprovsu ini penentuannya menuju PraPON

Bidik Medali Emas Porprov Sumut 2019, Pegulat Medan Lipin Sitorus Rajin Konsumsi Madu Usai Latihan
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Lipin The Pancer Sitorus, Pegulat putra binaan PGSI Kota Medan, peraih juara pada kejuaraan gulat Piala Gubernur Sumut tahun 2017 di Medan. Lipin tengah mempersiapkan diri menghadapi porprov Sumut bulan Juni mendatang. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pegulat kota Medan Lipin The Pancer Sitorus percaya diri bisa merebut medali emas pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Utara 2019 yang digelar bulan Juni mendatang.

Pasalnya jika gagal, dia mengaku akan tersingkir tak bisa ikut membela Sumut pada ajang Kejurnas PraPON 2019 di Kalimantan Selatan bulan September mendatang, untuk memperebutkan tiket PON Papua tahun depan.

"Aku targetnya medali emas. Karena Porprovsu ini penentuannya menuju PraPON. Lihat lawan-lawan dari daerah, mudah-mudahan kalau cuma ke PraPON pasti dapatlah. Kalau untuk lawan berat setahuku gak ada, paling yang diantisipasi dari Karo dan Dairi," ujarnya kepada Tribun Medan, Rabu (8/5/2019).

Lipin yang akan turun di kelas 55 kg Grecoo Rowman ini menuturkan, dia tengah fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi Porprov Sumut yang sudah di depan mata.

Selain rutin melatih stamina dan kekuatan fisik, atlet putra kelahiran tahun 1993 ini juga rutin melakukan sparing (latih tanding) dengan rekan-rekannya sesama atlet binaan Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) kota Medan.

"Latihan setiap sore di tempat latihan PGSI Medan di Jl Turi Gg Inpres. Fisik harus terus ditingkatkan karena kita di Porprov ini menuju PraPON jadi atlet itu semakin berlomba untuk mengejar tiket ke PraPON itu. Jadi siapa yang tertinggal fisiknya, tinggal lah di Medan, gak berangkat," terangnya.

Menurut Lipin, gulat merupakan cabang olahraga yang penuh dengan adu fisik (full body contact), karena itu bagian tubuh seperti tangan, kaki, badan, juga harus memiliki kekuatan untuk bertarung.

Untuk latihan fisik bagian atas seperti tangan Lipin mengaku rutin melakukan push up, hingga latihan beban dengan teknik squat dan bench press. Sedangkan untuk kekuatan kaki, dirinya rutin berolahraga lari.

"Latihan 5 kali seminggu, kecuali Sabtu dan Minggu istirahat," ungkap Juara 1 Porwil Sumut tahun 2018 ini.

Lebih lanjut, kata Lipin, untuk menjaga kondisi fisiknya agar tetap prima, selain makan dan istirahat teratur, dirinya juga rutin mengonsumsi madu dan juga puding telur. Dengan mengonsumsinya membuat fisik tetap kuat dan membuat pergerakan tetap ringan.

"Kalau puding kadang seminggu dua kali. Kalau tambahannya madu lah , kalau buah jarang. Kalau puding paling telur ayam," ungkap juara Kejurda Gulat tahun 2018 di Padangsidimpuan ini.

Jika nantinya lolos ke PraPON, maka Atlet asal Labuhanbatu Selatan ini pun bertekad minimal bisa masuk tiga besar agar mendapatkan satu tiket ke PON Papua 2020.

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved