Pemadaman Listrik di Siantar, Manager PLN: Sedang On Progres Semoga Pulih

Ada pun antisipasi pemadaman kata Joy Mart seperti melakukan pemeliharaan jaringan, standby operator di seluruh ULP.

Pemadaman Listrik di Siantar, Manager PLN: Sedang On Progres Semoga Pulih
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Manager PLN Unit Pelakasana Pelayanan Pelanggan Pematangsiantar Joy Mart S Sihaloho, Jumat (10/5/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Pemadaman listrik juga terjadi di daerah Kota Pematangsiantar. Pemadaman ini terjadi pada 9 Mei sekitar pukul 02.45 WIB hingga pukul 06.30 WIB.

Lalu, pemadaman lagi terjadi lagi pada pukul 20.45WIB berlangsung selama 10 menit. Pemadaaman ini mendapat kritikan dari masyarakat. Apalagi, pemadaman terjadi pada jam sahur.

Manager PLN Unit Pelakasana Pelayanan Pelanggan Pematangsiantar Joy Mart S Sihaloho mengungkapkan potensi pemadaman pada beban puncak bisa saja terjadi lagi. Bebam puncak yakni pada pukul 17.00 WIB sore hingga pukul 22.00 WIB.

Namun, potensi itu kecil kemungkinan terjadi. Ia mengatakan jika defisit listrik terjadi maka akan dilakukan pemadaman bergilir selama 30 menit hingga 60 menit.

"Untuk hari ini, info sementara pada beban puncak defisit 98 megawatt. Kita mengalami defisit. Seluruh Sumatera Utara. Tapi mudah-mudahan ada on progres persiapan puncak dan bisa pulih. Defisit masih ada. Pemadaman bergilir. Ada kemungkinan pemadaman bergilir,"ujarnya seraya mengatakan PLN tetap mengantisipasi terjadinya pemadaman, Jumat (10/5/2019).

Ada pun antisipasi pemadaman kata Joy Mart seperti melakukan pemeliharaan jaringan, standby operator di seluruh ULP, genset dan travo mobile untuk yang menggelar acara.

Joy Mart didampingi Manajer Bagian Jaringan Suhairi dan Manager ULP Siantar Marijen Rajagukguk, dan Supervisor Operasi Distribusi Tommy Martin L Siallagan. Joy mengungkapkan pemadaman terjadi karena ada dua faktor.

Faktor pertama yakni terjadinya gangguan pada sistem transmisi penghantar 150 kv yang mengakibatkan sejumlah pembangkit antra lain PLTU Nagan, PLTU Pangkalan Susu, PLTGU Belawan, dan PLTG AKE mengalami trip (lepas sistem) dengan total daya 378 MW.

Faktor kedua yakni disebabkan suplai gas mengalami penurunan yang berdampak pada pembangkit PLTMG LMVPP Belawan trip dengan total 448 MW.

Pemadaman ini terjadi di sebagai daerah di Kota Pematangsiantar. Namun karena ketersediaan daya pembangkit yang tidak mencukupi akibat sejumlah pembangkit keluar sistem maka terjadi defisit 263 MW pada sistem Sumatera Bagian Utara.

"Atas kejadian ini PLN UP3 Pematangsiantar memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat kami berupaya seoptimal mungkin," `ujarnya seraya mengatakan sudah melakukan persiapan pasokan daya listrik selama bulan Ramadan.

Joy juga berharap masyarakat untuk tidak menggunakan energi listrik secara berlebihan. Agar dapat mengoptimalkan daya listrik di Kota Pematangsiantar.

(tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved