Komik Digital Medan Tarik Minat Pembaca Milenial

Keluhan-keluhan dan peristiwa yang hangat sedang terjadi di kota medan. namun demikian, cerita tersebut tentunya tidak boleh lepas dari kekhasan Kota

Komik Digital Medan Tarik Minat Pembaca Milenial
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Pembuatan Komik Digidoy yang dilakukan oleh tim Digidoy guna menyusupkan kekhasan Kota Medan dalam sebuah cerita. 

TRIBUN-MEDAN.com - Perkembangan teknologi tampaknya pun masuk dan mempengaruhi perkembangan dunia komik. tak terkecuali di Medan sendiri.

Sejumlah pemuda kreatif tampaknya mencoba peruntungan melalui industri komik digital, satu adalah Komik Digidoy.

Komik Digidoy sendiri hadir dengan mengaplikasikan bahasa khas Kota Medan yang terkenal. A

yang menjadi salahsatu tim kreator Digidoy mengatakan proses pembuatan komik Digidoy melalui beberapa tahap.

"Jadi tahapannya itu, ada bertugas menulis naskah, menggambar pola animasi, pewarnaan (inkking) dan finsihing, semuanya dilakukan oleh lima anggota dalam tim Digidoy sendiri sebelum dirilis di Media Sosial Facebook dan Instagram Digidoy," ujar Arief

Arif menambahkan, cerita yang diciptakan dalam Digidoy adalah keluhan-keluhan dan peristiwa yang hangat sedang terjadi di kota medan. namun demikian, cerita tersebut tentunya tidak boleh lepas dari kekhasan Kota Medan itu sendiri, termasuk bahasa yang dipakai warga.

"Kita ingin memperkenalkan sebuah cerita yang menggambarkan Medan sebuah Kota yang multikultural. selain itu kita juga banyak menampilkan ikon-ikon dan potensi wisata Kota Medan yang gak kalah menarik. terlebih bahasa-bahasa Medan yang hilang termakan zaman. Kita ingin generasi muda tahu bahasa Medan yang terkenal itu,"

Saat ini jumlah pengikut digidoy di jejerang media sosial instagram cukup mengagumkan lantaran hampir menembus angka 69.000 Follower. sementara di jejaring media sosial Facebook, follower digidoy pun mencapai angka luar biasa, 100.000 pengikut

Salahsatu pemerhati komik digital Medan Rizal Abdillah Harahap mengatakan Komik Digidoy sangat bagus untuk berbagai generasi. Ia menyebutkan komik Digidoy bisa dikonsumsi pembaca dari berbagai latar belakang masyarakat. "Karena komik itu mempopulerkan daerah sendiri secara luas," ujarnya.

Dijelaskannya, perkembangan komik digital saat ini, khususnya Milenial Kota Medan sangat menyambut baik. Hal itu dibuktikan dengan munculnya komikus-komikis muda Asal Medan dengan ciri khasnya masing-masing.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved