Atlet Lari Sumut Eko Saputra Tetap Latihan Pagi-Sore saat Bulan Puasa

Eko Saputra, atlet lari National Paralympic Committee Sumatera Utara (NPC Sumut) mengaku tidak bisa makan banyak saat sahur.

Atlet Lari Sumut Eko Saputra Tetap Latihan Pagi-Sore saat Bulan Puasa
eka_saputra
Eko Saputra salah satu atlet National Paralympic Committee Sumatera Utara (NPC Sumut) cabang olahraga lari, meraih medali perak nomor lari 200 meter T12 ajang Asian Para Games 2018. 

TRIBUN-MEDAN.com - Eko Saputra, atlet lari National Paralympic Committee Sumatera Utara (NPC Sumut) mengaku tidak bisa makan banyak saat sahur.

"Kalau saya sahurnya tidak banyak karena porsi latihan yang akan dilalui kan agak berat. Takutnya muntah. Tapi kalau untuk buka puasa lebih baik yang dingin-dingin seperti sop buah dan pocari. Kalau makan biasanya setelah salat Isya karena perut itu takutnya terkejut," ujarnya kepada Tribun Medan, Senin (13/5/2019).

Meski sedang berpuasa, Eko tetap semangat menjalani rutinitas latihan di pelatnas untuk persiapan sejumlah event seperti Asean Paragames di Filipina dan World champion di Dubai.

Ia mengaku bahkan rutin melakoni latihan dua kali per hari yakni pagi dan sore.

"Kalau saya tetap pagi sore latihan. Kalau pagi jam 7-9 lebih banyak ke daya tahan dan sprint, sore harinya jam setengah 4 sampai jam 5 biasanya tidak terlalu dipaksakan. Kalau latihan pagi malah lebih bagus menurutku kalau sore kan nambah ke fisik saja," terangnya.

Lebih lanjut kata Eko, dalam menjalani latihan rutin di bulan puasa, dia berusaha untuk tidak memporsir latihan. Menurutnya ibadah puasa harus tetap bisa sejalan dengan latihan tanpa harus berlebihan dalam berlatih yang bisa membuat batal puasa.

"Kalau di bulan puasa jangan terlalu dipaksakan latihannya. Jangan sampai latihan, muntah, batal puasanya," kata peraih medali perak nomor lari 200 meter T12 ajang Asian Para Games 2018 ini.

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved