Deretan Pemandangan Alam Cantik Kota Dingin di Indonesia

Berikut ini Kompas Travel mencoba merangkum beberapa kota yang memiliki hawa dingin. Mari cek, apakah kota Anda termasuk salah satunya?

Deretan Pemandangan Alam Cantik Kota Dingin di Indonesia
TRIBUN MEDAN/ M NASRUL
Wisatawan menikmati pemandangan, di agro wisata strawberry Purba Family&Farm;, Jalan Deleng Singkut, Desa Sempajaya, Berastagi, Minggu (24/3/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com-Indonesia memiliki berbagai wilayah dengan kondisi cuaca yang berbeda-beda.

Beberapa wilayah tersebut terkenal sebagai daerah yang memiliki hawa sejuk hingga dingin.

Berikut ini Kompas Travel mencoba merangkum beberapa kota yang memiliki hawa dingin. Mari cek, apakah kota Anda termasuk salah satunya?

1. Sembalun

Sembalun berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Wilayah ini berada di kaki Gunung Rinjani. Lokasi Sembalun yang berada di ketinggian 800 mdpl-1.250 mdpl membuatnya memiliki hawa sejuk dan dingin.

Saking dinginnya suhu normal Sembalun mencapai 7 derajat celsius hingga 12 derajat celsius, sedangkan di musim hujan sekitar 20 derajat celsius.

Selain berhawa dingin, lokasi Sembalun yang berada di kaki Rinjani membuat tempat ini memiliki pemandangan indah dan panorama alam yang memukau.

2. Dataran Tinggi Dieng 

Embun upas yang terjadi pada 27 Juli 2018 di Dieng.
Embun upas yang terjadi pada 27 Juli 2018 di Dieng.(Dok. Harmono)

Daerah Dieng Wonosobo, Jawa Tengah, memiliki ketinggian sekitar 2.065 mdpl. Beberapa kali daerah ini mengalami fenomena embun beku atau yang sering disebut dengan “Bun Upas” oleh warga sekitar.

Bun Upas sendiri merupakan fenomena yang terjadi akibat uap air yang terkondensasi secara alami dan mengalami pembekuan akibat suhu ekstrem.

Halaman
12
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved