Tekan Harga di Pasar, Bawang Putih 29 Ton Segera Disuplai kepada Para Pedagang di Medan

29 ton bawang putih impor itu akan disuplai kepada para pedagang dengan melakukan operasi pasar.

Tekan Harga di Pasar, Bawang Putih 29 Ton Segera Disuplai kepada Para Pedagang di Medan
TRIBUN MEDAN/SATIA
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara, Zonny Waldi (pakai topi) bersama dengan Kepala Balai Besar Karantina Pertanian, Bambang Haryanto meninjau langsung kontainer berisikan 29 ton bawang putih impor yang masuk di Belawan, Kota Medan, Senin (13/5/2019). 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN-Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara hari ini meninjau langsung masuknya impor bawang putih dari China di Belawan, Senin (13/5/2019).

Diketahui, sekitar 5 kontainer peti kemas berisikan bawang putih masuk ke Kota Medan untuk menyuplai kekurangan bahan pangan komoditas tersebut. 

Saat ini, baru satu kontainer berisikan 29 ton bawang putih akan disuplai kepada para pedagang, dengan dilakukannya operasi pasar (OP).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Zonny Waldi mengatakan, masuknya bawang putih impor ini untuk mengatasi lonjakan harga yang terjadi saat bulan Ramadan. 

"Sebagaimana kita ketahui, setiap tahun itu apalagi dibilang ramadan harga-harga bahan pangan pasti mengalami kenaikan ya," kata Zonny Waldi, saat meninjau langsung kontainer berisikan Bawak putih tersebut.

Ia mengatakan, saat ini bawang putih mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan.

Akan tetapi dengan ada impor bawang putih ini, dirinya berharap harga bawang putih di pasaran dapat ditekan normal.

"Tahun ada kenaikan yang mencolok apalagi di komoditas bawang putih. Kemarin itu, untuk bawang putih harganya tembus sekitar Rp 90 ribu sampai Rp 100 ribu perkilo, sudah sangat fantastis sekali kenaikan ini," jelasnya.

Kemudian, Zonny Waldi mengatakan, 29 ton bawang putih impor itu akan disuplai kepada para pedagang dengan melakukan operasi pasar.

"hari ini masuk bawang impor dari China.
1 kontainer dengan bobot 29 ton akan kita lakukan operasi pasar dibeberapa titik pasar di kota Medan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Satia
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved